Text
Analisis Kualitas Pelayanan Untuk Peningkatan Kepuasan Pelanggan Pada PT. PLN (Persero) Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan
Kualitas pelayanan memberikan suatu dorongan kepada pelanggan, untuk
menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan. Ikatan seperti ini dalam jangka
panjang memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan saksama apa yang
menjadi harapan pelanggan dan berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan
mereka dengan demikian perusahaan tersebut dapat meningkatkan kepuasan
pelanggan dimana perusahaan memaksimumkan pengalaman konsumen yang
menyenangkan dan meminimumkan pengalaman konsumen yang kurang
menyenangkan.
Tujuan pokok dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana
analisis kualitas pelayanan untuk peningkatan kepuasan pelanggan pada PT. PLN
(Persero) Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan
jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh dari data primer
melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informen dalam penelitian ini
adalah manager, para pegawai di PT. PLN Pamekasan dan para pelanggan PT. PLN
Pamekasan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas pelayanan dalam
meningkatkan kepuasan pelanggan pada PT. PLN Pamekasan dilakukan dengan
berbagai cara, yaitu: Pertama, memberikan pengelolaan, pemberian atas
pembayaran online melalui bank. Dalam hal ini para pelanggan akan merasa
memiliki kepuasan atas pelayanan yang memberikan kemudahan pembayaran
secara online yang dalam mengivensiensi waktu. Kedua, dalam mendapatkan
informasi yang lebih praktis dan akurat PLN Pamekasan menerapkan menggunakan
PLN mobile sebagai bahan sarana dan prasarana bagi para pelanggan sehingga
memberikan kemudahan dalam pemberian informasi, mulai dari tegangan, keluhan,
tagihan dan lain sebagainya. Ketiga, citra perusahaan yang baik, dengan citra
perusahaan yang baik maka para pelanggan memberikan kesan, komentar yang
positif dari segi pelayanan yang memberikan kepuasan atas dirinya terhadap
perusahaan PLN Pamekasan.
Tidak tersedia versi lain