Text
Penerapan Strategi Reading Guide Dalam Meningkatkan Kemampuan Memahami Teks Wacana Siswa Kelas III di SDN Murtajih II
Kata Kunci : Reading guide, kemampuan memahami, teks wacana
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan memahami
siswa kelas III di SDN Murtajih II dilihat dari hasil tes pra-siklus yang
dilakukan menggunakan teks wacana yang dibaca secara mandiri.
Membuat suasana kelas cenderung membosankan, semangat siswa dalam
membacapun berkurang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah : 1)
Untuk mengetahui peningkatan kemampuan memahami teks wacana siswa
dengan menerapkan strategi Reading guide pada mata pelajaran bahasa
Indonesia, 2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi
Reading guide, 3) Mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan
strategi reading guide dalam meningkatkan kemampuan memahami teks
wacana siswa kelas III pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan
strategi Reading guide dengan empat tahapan yaitu: perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi dalam dua siklus. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas III di SDN Murtajih II yang berjumlah 20 siswa.
Teknik pengumpulan yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan
memahami teks wacana siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia
dilihat dari hasil belajar siswa menggunakan strategi Reading guide.
Perolehan presentase keberhasilan pada pra-siklus adalah 25% , pada
siklus I memperoleh 50%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85%.
Dari data tersebut maka disimpulkan bahwa penerapan strategi Reading
guide dapat meningkatkan kemampuan memahami teks wacana. Adapun
langkah-langkah penerapan strategi Reading guide adalah: a) Guru
membagikan teks wacana, lalu siswa diminta untuk membaca serta
memahaminya dengan batasan waktu. b) Guru membagikan lembar berisi
pertanyaan. c) guru mempersilahkan siswa bertanya. d) Guru memberikan
pertanyaan kepada peserta didik secara acak. e) Guru membahas
pertanyaan jawabannya bersama. Adapun kelebihannya adalah : Suasana
kelas menjadi lebih menyenangkan, membantu siswa memahami isi
bacaan dengan cepat, siswa lebih antusiast saat menjawab pertanyaan.
sedangkan kekurangannya yakni: a) Suasana kelas cenderung ramai saat
siswa membaca teks wacana. b) Siswa juga merasa bosan jika teks terlalu
panjang, maka butuh bantuan media atau metode lain.
Tidak tersedia versi lain