Text
Analisis Loyalitas Pelanggan pada Merdeka Tailor Pamekasan
Kata Kunci: Loyalitas Pelanggan, Fashion, Kepuasan.
Dalam industri fashion di era global saat ini, masyarakat memilih untuk
membeli pakaian jadi hasil produksi industri fast fashion karena dinilai lebih efisien
dari segi waktu dan harga. Selain itu, juga karena produk fast fashion dapat
dijumpai dimana-mana dan telah menyebar ke seluruh wilayah. Fast fashion
menimbulkan persaingan ketat dalam industri mode dan hal-hal yang terkait di
dalamnya. Oleh karena itu, pemilik usaha yang usahanya berkaitan dengan dunia
mode harus mempunyai strategi yang tepat agar usahanya dapat terus bertahan.
Merdeka Tailor adalah salah satu usaha jahit di Pamekasan yang masih terus
beroperasi hingga saat ini. Berbeda dengan tailor lain, Merdeka Tailor Pamekasan
hanya melayani jasa jahit untuk pakaian pria saja namun tetap tidak pernah sepi
pelanggan.
Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok
dalam penelitian ini adalah bagaimana loyalitas pelanggan pada Merdeka Tailor
Pamekasan terbentuk. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik Merdeka
Tailor Pamekasan dan pelanggan Merdeka Tailor Pamekasan. Sedangkan
pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan pengamatan dan
triangulasi.
Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu: (1) Loyalitas pelanggan pada
Merdeka Tailor Pamekasan terbentuk karena kepuasan, pembelian berulang, ikatan
emosi, dan rekomendasi kepada orang lain dari mulut ke mulut, (2) Faktor-faktor
yang mempengaruhi kepuasan adalah kualitas produk dan konsistensi dalam
mempertahankan kualitas produk, (3) Faktor-faktor yang memepengaruhi
pembelian berulang adalah kualitas produk, kepuasan, dan konsistensi dalam
mempertahankan kualitas produk, (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi ikatan
emosi adalah kepuasan dan pengalaman positif dengan Merdeka Tailor Pamekasan,
(5) Faktor-faktor yang mempengaruhi rekomendasi kepada orang lain dari mulut ke
mulut dikategorikan menjadi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal
yaitu pengalaman dari pembelian sebelumnya dan kepuasan. Faktor eksternal yaitu
permintaan rekomendasi atau pertanyaan tentang suatu produk baik berupa barang
atau jasa dari orang lain
Tidak tersedia versi lain