Text
Analisis Pelayanan Toko Sembako Bonanza Shop di Desa Nepa Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen
Kata Kunci : Pelayanan, Loyalias Konsumen.
Membuka usaha Toko sembako yang di perlukan itu bukan hanya ketersedian
barang yang lengkap dan juga harga yang bersaing, akan tetapi di dalam pelayanannya
terhadap konsumen itu juga sangat penting untuk membuat konsumen itu merasa puas
dan nyaman. Selalu memberikan pelayanan terbaik, ramah,sopan dan juga jujur. Hal
ini bisa menunjukkan kesetiaan terhadap konsumen sehingga membuat konsumen itu
merasa nyaman dan puas saat berbelanja. Bonanza Shop merupakan sebuah Toko
sembako yang menjual berbagai kebutuhan seperti minyak, beras, gula dan juga
kebutuhan rumah tangga lainnya. Toko Sembako Bonanza Shop ini di dirikan oleh
bapak Ahmad Jazuli pada tahun 2019 di Desa Nepa Kecamatan Banyuates Kabupaten
Sampang. Toko Sembako Bonanza Shop menjual berbagai kebutuhan dengan harga
yang terjangkau dan juga memiliki lokasi yang strategis. Peneliti tertarik untuk
menganalisa bagaimana pelayanan yang ada di Toko Sembako Bonanza Shop sehingga
dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap Toko tersebut.
Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini terdapat dua fokus penelitian atau
permasalahan yaitu : Pertama, Bagaimana pelayanan di Toko Sembako Bonanza Shop
di Desa Nepa Kecamatan Banyuates Kabupaten Sampang, Kedua, Bagaimana
pelayanan di Toko Sembako Bonanza Shop di Desa Nepa Kecamatan Banyuates
Kabupaten Sampang dalam meningkatkan loyalitas konsumen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis empiris/
penelitian lapangan. Sumber data di peroleh melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pelayanan Toko Sembako
Bonanza Shop dilihat dari pelayanan Tangibles (Bukti Fisik) yang menarik dengan
karyawan berpenampilan rapi, dan sarana prasarana yang memadai, Serta emphathy
(perhatian) yang dengan memberikan perhatian secara indiviual terhadap konsumen,
dan juga merespon konsumen dengan sangat tanggap dan cepat. Jika dilihat dari
Reability (handal), karyawan sangat baik & handal dalam bertransaksi dan tepat waktu
dalam melayani konsumen. Dilihat dari Assurance (Jaminan), jaminannya baik seperti
ketika ada barang rusak atau kadaluarsa langsung dengan yang baru. Kedua, pelayanan
di Toko Sembako Bonanza Shop dalam meningkatkan loyalitas konsumen. Konsumen
sangat loyal berbelanja di Toko Sembako Bonanza Shop sehinggan konsumen
melakukan pemebelian ulang secara teratur dan berbelanja lebih banyak hingga
konsumen selalu merekomendaikan kepada orang lain untuk membeli di tempat yang
sama hingga konsumen menolak ajakan dari pesaing untuk melakukan pembelanjaan
di Toko lain
Tidak tersedia versi lain