Text
Kualitas Pelayanan Dalam Upaya Meningkatkan Loyalitas Konsumen Pada Shafira Tour And Travel Pamekasan
Kata Kunci : Pelayanan, Kualitas Pelayanan, dan Travel Haji.
Pelayanan di Travel Haji dan Umrah Shafira Tour And Travel Pamekasan sangat baik
karena direktur ataupun karyawan dalam memberikan pelayanan terhadap customer harus sesuai
dengan Standart Operating Procedure (SOP), sebagai pedoman dalam bekerja dengan baik.
Pelayanan di Shafira Tour And Travel Pamekasan lebih mengutamakan kenyamanan customer,
caranya bersikap ramah dan murah senyum dalam melayani para customer tanpa harus
memandang customer baru atau lama agar konsumen itu merasa nyaman dan loyal terhadap
pelayanan yang telah diberikan oleh perusahaan. Pelayanan Haji dan Umrah di Shafira Tour
Pamekasan ini sangat memperhatikan kepuasan pelanggan dan loyalitas yang mana kualitas
pelayanan karyawan sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, dalam kualitas pelayanan
karyawan Shafira Tour And Travel Pamekasan sudah memenuhi standart pelayanan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif.
Informennya adalah Direktur Utama, dua karyawan, konsumen tetap dan konsumen tidak tetap di
Shafira Tour And Travel Pamekasan. Metode pengecekan keabsahan data diperoleh dengan
perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Sedangkan tahapan-tahapan
yang dilakukan oleh peneliti dalam menganalisis data diantaranya reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Dalam memberikan pelayanan, Shafira Tour
Pamekasan menggunakan berbagai cara yang sesuai dengan budaya pelayanan yang baik
berdasarkan pada A5 yaitu Ability, Attitude, Appearance, Attention, dan Action.Pelayanan di
Shafira Tour And Travel Pamekasan dikategorikan pelayanan yang baik, professional, ramah dan
menyenangkan. (2) Kualitas pelayanan di Travel Haji dan Umroh Shafira Tour Pamekasan yaitu
pertama, Shafira Tour ini banyak mengadakan dan menawarkan promo dalam pelayanan jasa
ibadah haji dan umrah serta terdapat pula promo paket Haji plus Turkey (Travel). Kedua
penampilan para karyawan yang menarik perhatian para konsumen dengan selalu tampil rapi dan
murah senyum serta melayani tanpa pandang bulu, baik dan ramah membuat para konsumen
menjadi loyal terhadap perusahaan. Ketiga, fasilitas yang memadai menjadi semakin profesional
dalam melayani para konsumennya, meskipun perusahaan jasa ini termasuk perusahaan yang
lama akan tetapi kualitasnya tidak berubah tetap seperti dahulu kala
Tidak tersedia versi lain