Text
Pengaruh Marketing Mix, Brand Image, dan Marketing Comunication Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Produk Tabungan Mudharabah BMT NU Cabang Pragaan
Kata Kunci: marketing mix, brand image, marketing comunication, kepuasan
nasabah
Pemasaran merupakan suatu strategi yang harus dilakukan oleh semua bidang
usaha, baik produk ataupun jasa. Hal tersebut juga dilakukan oleh lembaga
perbankan terutama pada saat perkembangan teknologi semakin pesat dan
banyaknya pesaing. Lembaga keuangan syariah seperti halnya BMT NU Cabang
Pragaan harus bisa mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat dan benar.
Pemasaran yang diterapkan oleh BMT NU Cabang Pragaan adalah melakukan
strategi pemasaran yakni marketing mix, brand image dan marketing comunication
sehingga dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Tabungan Mudharabah
merupakan produk penghimpunan dana dengan menggunakan akad mudharabah
yang dilakukan oleh pemilik modal dan pihak bank sebagai pengeola dana. Maka
dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh marketing mix,
brand image dan marketing comunication terhadap kepuasan nasabah pada produk
tabungan mudharabah BMT NU Cabang Pragaan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian kausalitas yaitu penelitian dengan menggunakan analisis data statistik
serta analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Populasi
dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah pada produk Tabungan Mudharabah
BMT NU Cabang Pragaan sebanyak 857 nasabah. Sedangkan untuk penentuan
jumlah sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel
yang berjumlah 89 nasabah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini
adalah nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan
teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) X1 (Marketing mix)
Berpengaruh signifikan karena thitung (diperoleh hasil sebesar 3,962) lebih besar dari
ttabel = 1,661 dengan taraf sig. 0,000 < taraf sig. 0,05, 2) X2 (Brand Image)
berpengaruh terhadap terhadap kepuasan nasabah pada produk tabungan
mudharabah BMT NU Cabang Pragaan, dengan nilai thitung sebesar 2,849 > ttabel =
1,661 dengan taraf sig. 0,005 < taraf sig. 0,05. 3) X3 (Marketing Comunication)
berpengaruh terhadap terhadap kepuasan nasabah pada produk tabungan
mudharabah BMT NU Cabang Pragaan, dengan nilai t hitung 2,841 > t tabel 1,661
dan nilai sig 0,00 < 0,05. Dan 4) Secara simultan marketing mix, brand image dan
marketing comunication berpengaruh terhadap kepuasan nasabah pada produk
Tabungan Mudharabah BMT NU Cabang Pragaan, dengan nilai fhitung (15,931) >
nilai ftabel (2,70) serta nilai sig 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai koefisien determinasi
dalam penelitian ini menunjukkan besarnya Adjusted R Square sebesar 0,312 atau
31,2%. Hal ini sebesar 31,2% yang berarti bahwa variabel independen yaitu
marketing mix (X1), brand image (X2) dan marketing comunication (X3) mampu
mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan nasabah (Y) sebesar 31,2%.
Tidak tersedia versi lain