Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Interpersonal Terhadap Loyalitas Nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi Interpersonal, Loyalitas Nasabah
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan
loyalitas nasabah. Loyalitas Nasabah merupakan tujuan utama bagi setiap
perusahaan, semakin tinggi loyalitas maka akan semakin tinggi profit yang
didapatkan.Loyalitas nasabah sangat penting bagi Bank maupun bagi lembaga
keuangan lainnya demi menjaga kelangsungan usahanya. Nasabah yang
mempunyai loyalitas yang tinggi senantiasa akan menggunakan jasa yang
disediakan lembaga keuangan, bahkan tidak akan terpengaruh dengan jasa yang
ditawarkan.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu: apakah kualitas pelayanan
dan komunikasi interpesonal secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap
Loyalitas nasabah BMT UGT Sidogiri cabang pembantu Pagendingan. Kemudian
seberapa besar nilai pengaruh simultan tersebut
Penelitian ini melakukan dengan pendekatan kuantitatif. Metode
pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada anggota BMT UGT
Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan dengan jumlah sampel yang digunakan
adalah sebanyak 97 responden dengan metode purposive sampling. Data yang
diperoleh dari penyebaran kuesioner diolah menggunakan SPSS versi 24 dan
dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang meliputi uji validitas,
uji reliabilitas, uji regresi linear berganda, uji t, Uji F, uji koefisien determinasi dan
uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel yang
terdiri dari kualitas pelayanan (X1) dan komunikasi interpersonal (X2), secara
simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah (Y) dengan nilai F hitung > F tabel
yaitu 73,859 > 3,090 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Variabel kualitas
pelayanan (X1) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
nasabah (Y) BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan dengan nilai t
hitung 2,953 > nilai t tabel 1,985, dan taraf signifikansi sebesar 0,004 < 0,05. Hal
ini mengindikasikan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan BMT
UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan kepada anggota maka semakin
meningkat loyalitas nasabah BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan.
Komunikasi interpersonal (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas nasabah (Y) BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan
ditunjukkan dengan nilai t hitung 7,490 > nilai t tabel 1,985, dan taraf signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin baik komunikasi
interpersonal yang diberikan BMT UGT Sidogiri Cabang Pembantu Pagendingan
kepada anggota maka semakin meningkat loyalitas nasabah BMT UGT Sidogiri
Cabang Pembantu Pagendingan
Tidak tersedia versi lain