Text
Strategi Mempertahankan Loyalitas Nasabah pada Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran
Kata Kunci: Strategi, Loyalitas
Loyalitas merupakan kesedian untuk menggunakan jasa keuangan secara berulang
meskipun ada pengaruh dan upaya-upaya pemasaran yang berpotensi untuk perilaku berpindah.
Mempertahankan mereka berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan
kelangsungan hidup suatu Bank Syariah. Hal ini menjadi alasan utama sebuah perusahaan, untuk
menarik dan mempertahankan nasabah.
Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana strategi mempertahankan loyalitas nasabah
pada Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran? Bagaimana implementasi BPRS
Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran dalam mempertahankan loyalitas nasabah? Faktor apa
saja yang mendukung dan menghambat BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran dalam
mempertahankan loyalitas nasabah? Bagaimana memaksimalkan faktor pendukung dan
penghambat di Bank BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran dalam mempertahankan
loyalitas nasabah?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus (case studies). Sumber data
yang diperoleh dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, informasinya
adalah kepala cabanng, karyawan, serta nasabah BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama
Bandaran.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama, strategi dalam mempertahankan loyalitas
nasabah pada BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran ialah dengan membangun
kepercayaan nasabah mengatasi setiap keluahannya pelayanannya dan membangun ikatan
loyalitas karena dengan Dengan adanya hubungan yang erat antara pihak BPRS Bhakti Sumekar
dengan nasabah akan menghasilkan suatu hubungan timbal balik yang dapat menguntungkan
kedua belah pihak. Sehingga dapat memberikan kelancaran dalam usahanya. Kedua, implementasi
BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran dalam mempertahankan loyalitas nasabah
adalah pemilihan, penataan dan pembiasaan. Ketiga, faktor pendukung BPRS Bhakti Sumekar
Cabang Pratama Bandaran dalam mempertahankan loyalitas nasabah adalah produk, pelayanan,
harga, promosi dan sumber daya SDM untuk faktor penghambatnya adalah persaingan disekitar
fasilitas dan kurangnya tenaga kerja. Keempat, dalam memaksimalkan faktor pendukung dan
penghambat BPRS Bhakti Sumekar Cabang Pratama Bandaran dalam mempertahankan loyalitas
nasabahnya adalah manusia, teknologi dan pemasaran
Tidak tersedia versi lain