Text
Pengaruh Ujrah Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pembiayaan Gadai Emas (Rahn) Di KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci: Ujrah, Kualitas, Pelayanan, Kepuasan, BMT NU, Gadai, Pembiayaan.
Kepuasan Anggota termasuk suatu hal penting dalam mempertahankan para anggota dan
merupakan kunci kesuksesan sebuah perusahaan begitu juga bagi KSPPS BMT Nuansa Ummat
Cabang Galis Pamekasan. Kepuasaan Anggota merupakan sebuah perasaan yang timbul setelah
mengonsumsi barang atau membeli sebuah jasa atau setelah terpenuhinya sebuah harapan
anggota. Salah satu produk unggulan di KSPPS BMT Nuansa Ummat Cabang Galis Pamekasan
yaitu produk gadai emas. Kesesuaian biaya-biaya dalam produk gadai bisa menimbulkan
pandangan positif terhadap produk tersebut jika sesuai dengan harapan anggota, antara lain
adanya biaya ujrah yang rendah dan kualitas pelayanan yang baik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kausal, untuk mengetahui
pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota pembiayaan gadai emas di
KSPPS BMT Nuansa Umat Cabang Galis Pamekasan sebanyak 510 anggota. Teknik
pengambilan sampel nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Didapatkan
sampel sebanyak 84 anggota. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah regresi
linear berganda.
Hasil uji dalam penelitian ini Pertama: Variabel Ujrah (X1) diperoleh hasil thitung > ttabel (
2,414 > 1,989 ) dengan sig 0,018 < 0,05, Ha diterima H0 ditolak yang artinya variabel Ujrah
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota pembiayaan gadai emas (rahn).
Kedua: Variabel Kualitas pelayanan (X2) diperoleh hasil thitung > ttabel ( 3,974 > 1,989 ) dengan
sig 0,000 < 0,05, Ha diterima H0 ditolak yang artinya variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Kepuasan Anggota pembiayaan gadai emas (rahn). Dengan
demikian variabel X secara individual sama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
variabel Y. Ketiga: Hasil uji F menunjukkan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel
( 25,648 > 3,11 ). Yang berarti variabel X ( Ujrah dan Kualitas Pelayanan ) berpengaruh secara
simultan terhadap variabel Y (Kepuasan Anggota). Dengan hasil R2
sebesar 0,373 atau 37,3%,
yang berarti kemampuan model regresi dalam menerangkan hubungan variabel dependen (Ujrah
dan Kualitas Pelayanan) dengan variabel independen (Kepuasan Anggota) sebesar 37,3%.
Sedangkan sisanya sebesar 62,7% dipengaruhi oleh variabel lain
Tidak tersedia versi lain