Text
Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pamekasan
Kata kunci: Word of Mouth, Reputasi, Keputusan Nasabah Menabung
Bank syariah di Indonesia saat ini mengalami perkembangan yang sangat
pesat. Hal ini terbukti berdasarkan data Badan Pusat Statistik jumlah kantor bank
syariah mengalami peningkatan. Dengan demikian, persaingan antar bank
semakin ketat dan kompetitif, sehingga salah satu cara yang ditempuh dengan
meningkatkan penghimpunan dana yang berasal dari masyarakat berupa tabungan
melalui kegiatan pemasaran. Kegiatan pemasaran dapat dilakukan dengan
berbagai macam tools seperti brosur, pamflet, iklan. Namun terdapat media
komunikasi lain yang sangat efektif yaitu word of mouth, karena Informasi yang
disampaikan teman atau orang tua mempunyai tingkat kepercayaan yang lebih
tinggi dibandingkan iklan, brosur ataupun pamflet. Selain itu, kegiatan pemasaran
akan semakin berhasil jika perusahaan memiliki reputasi yang baik, karena akan
memberikan keuntungan bagi perusahaan dalam hal penjualan produk dan jasa
mereka. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui apakah
word of mouth dan reputasi dapat mempengaruhi keputusan nasabah menabung di
Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pamekasan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah word of mouth dan reputasi berpengaruh terhadap
keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang
Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini berjumlah 22.000. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 responden
(nasabah yang memiliki tabungan di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor
Cabang Pamekasan) yang dihitung menggunakan rumus Slovin. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan
metode sampling aksidental. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda dengan bantuan SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama terdapat pengaruh yang
signifikan dan positif antara word of mouth terhadap keputusan nasabah
menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pamekasan. Hal ini
dapat dilihat dari hasil uji t, mempunyai nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung
4,038 > ttabel 1,98447. Kedua terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara
reputasi terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI)
Kantor Cabang Pamekasan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t, mempunyai nilai
Sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,864 > ttabel 1,98447. Ketiga word of mouth dan
reputasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
menabung di Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Pamekasan. Hal ini
dapat dilihat dari hasil uji F, mempunyai nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai
Fhitung 59,770 > Ftabel 3,09
Tidak tersedia versi lain