Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Customer Value Terhadap Kepuasan Anggota Di BMT NU Cabang Galis Pamekasan
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kulitas Produk, Customer Value,
Kepuasan Anggota, BMT NU.
Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) merupakan lembaga keuangan yang
dioperasikan berdasarkan prinsip-prinsip syariah. BMT berperan
memberikan konribusi pada gerak roda ekonomi kecil. Namun disisi lain
ada salah satu anggota yang memberikan pernyataan bahwa dalam hal
kualitas pelayanan dan kualitas produk yang sebagian tidak setuju dengan
adanya setoran awal. Hal itu dapat menimbulkan ketidak sesuaian antara
harapan dengan kualitas pelayanan dan kualitas produk dan menyebabkan
manfaat yang dirasakan oleh anggota tidak sesuai dengan apa yang
diharapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis pengaruh kualitas
pelayanan, kualitas produk dan customer value secara simultan terhadap
kepuasan anggota di BMT NU Cabang Galis Pamekasan (2) menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota di BMT NU
Cabang Galis Pamekasan (3) menganalisis pengaruh kualitas produk
terhadap kepuasan anggota di BMT NU Cabang Galis Pamekasan (4)
menganalisis pengaruh customer value terhadap kepuasan anggota di BMT
NU Cabang Galis Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sumber data
diperoleh melalui kuesioner dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah 4.160 anggota dengan sampel 98 responden. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: hasil tiga variabel X yaitu Kualitas Pelayanan,
Kualitas produk dan Customer Value berpengaruh terhadap kepuasan
anggota. hasil uji T pada kualitas pelayanan menunjukkan bahwa nilai sig
0,235 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel 2.196 > 1,985). Hasil uji T pada kualitas
produk menunjukkan bahwa nilai sig 0,010 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel
( 2,620 > 1,985 ). Hasil uji T pada customer value menunjukkan bahwa nilai
sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel ( 5,804 > 1,985 )
Tidak tersedia versi lain