Text
Pengaruh Personal Selling dan Public Relation Terhadap Kepuasan Anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan
Kata Kunci: Personal Selling, Public Relation, Kepuasan Anggota
Persaingan dalam dunia bisnis, seperti lembaga keuangan bank maupun non
bank, bisa dilihat dari cara lembaga keuangan dalam menawarkan barang atau
jasanya. Oleh karena itu diperlukan adanya strategi dalam mempromosikan suatu
produk atau jasa agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, salah satunya seperti
personal selling dan public relation. Kedua strategi tersebut juga diterapkan oleh
BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui pengaruh personal selling dan public relation di BMT UGT
Siodogiri Cabang Pamekasan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui pendekatan
kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam
penelitian ini adalah anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Sedangkan
dalam teknik penentuan sampel, peneliti menggunakan teknik nonprobability
sampling dengan metode sampling incidental. Dalam penentuan jumlah sampel,
peneliti menggunakan rumus lemeshow, karena populasi dalam penelitian ini
termasuk populasi infinit. Jadi, sampel yang digunakan berjumlah 100 responden.
Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda. Data yang diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden dari
kuesioner yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini
menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik
(uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi),
dan uji hipotesis (uji T, uji F dan uji koefisien determinasi).
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji validitas adalah valid, yaitu rhitung >
rtabel. Adapun dari hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa nilai cronboach’s
alphanya > 0.60, maka ketiga variabel dapat dikatakan reliabel. Sedangkan untuk
hasil uji normalitas, yaitu dilihat dari nilai asymp.Sig (2-tailed) > 0.05, maka data
dalam penelitian ini berdistribusi normal. Adapun uji multikolinearitas dalam
penelitian ini dapat diketahui bahwa nilai tolerance sebesar 0.973 > 0.10, sedangkan
nilai VIF sebesar 1.027 < 10.00, jadi dalam penelitian ini tidak terjadi gejala
multikolinearitas. Kemudian untuk uji heteroskedastisitas yang menggunakan uji
glejser dapat diketahui bahwa nilai sig dari variabel X1 dan X2 > 0.05, jadi tidak
terjadi gejala heteroskedastisitas. Adapun untuk uji autokorelasi dengan melihat nilai
Durbin-Watson yaitu diperoleh hasil 1.715 < 1.739 < 2.285, jadi tidak terdapat
autokorelasi positif maupun negatif dalam penelitian ini. Dalam uji hipotesis, yakni
uji T (parsial) dapat diketahui bahwa variabel personal selling berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang
Pamekasan, dengan nilai thitung 2.207 > 1.984 dengan taraf signifikansi 0.030 < 0.05.
Untuk variabel public relation berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
anggota di BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan dengan nilai thitung 2.713 > 1.984
dengan taraf signifikansi 0.008 < 0.05
Tidak tersedia versi lain