Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota di KSPP.Syariah BMT NU Cabang Pakong Pamekasan
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Anggota.
Bagi perusahaan maupun badan usaha hendaknya memiliki kualitas
pelayanan yang berbeda sehingga membedakan usahanya dengan usaha orang
lain. Kualitas pelayanan sangat pentnig, tidak hanya sekedar pelayanan saja, tetapi
harus ada karakteristik yang membedakan. Kepuasan anggota dapat diraih dengan
adanya pelayanan yang memuaskan sesuai dengan harapan nasabah atau bahkan
melebihi harapan nasabah.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggotadi KSPP.Syariah BMT NU
Cabang Pakong Pamekasan. Adapun permasalahan dalam penelitian skripsi ini
yakni Apa Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota dan
Seberapa Besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota di
KSPP.Syariah BMT NU Cabang Pakong Pamekasan. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif antar regresi. Jumlah responden adalah 96 anggota
KSPP.Syariah BMT NU Cabang Pakong Pamekasan dengan menggunakan teknik
sample random sampling.
Metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Metode pendekatan
yang digunakan adalah metode kuantitatif serta menggunakan analisis regresi
linier sederhana. Adapun jenis pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi bernilai positif
(0.243) maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan (X)
berpengaruh positif terhadap kepuasan anggota (Y).Berdasarkan hasil uji t
(Parsial) variabel kualitas pelayanan (X) berdasarkan perhitungan diperoleh thitung
sebesar 3.836>ttabel 1,661 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat
pengaruh secara signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota sebesar
3,68% dan dianggap signifikan dengan angka signifikansi 0,001
Tidak tersedia versi lain