Text
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Anggota Tabungan Mudharabah Berjangka di KSPPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan Periode 2019-2021
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan
Lembaga keuangan di Indonesia saat ini sudah semakin banyak, baik di
daerah kota atapun di desa, baik lembaga bank dan non-bank. Dari berbagai
kebutuhan masyarakat, maka banyak bermunculan lembaga-lembaga keuangan baik
makro atapun mikro untuk menjadi perantara dalam pengelolaan keuangan, seperti
halnya KSPPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan. Dalam meningkatkan
kepuasan anggotanya yaitu salah satunya dengan memperhatikan kualitas pelayanan
dan kualitas produknya. Dengan adanya kualitas pelayanan dan kualitas produk
yang semakin baik, maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan
anggota.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kantitatif yaitu
menggunakan analisis statistik dan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini
adalah anggota tabunga mudharabah berjangka di KSPPS BMT UGT Sidogiri
Cabang Pamekasan yang berjmlah 384 anggota. Sedangkan dalam penentuan
sampel, peneliti menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh sampel yang
berjmlah 79 anggota. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
nonprobability sampling dengan metode Accidental sampling. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Data yang
diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden dari kuesioner yang
telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini menggunakan uji kalitas
data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji
mltikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi), dan uji hipotesis
(koefisien determinasi, uji T dan uji F)
Hasil penelitian berdasarkan hasil uji parsial variabel kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota tabungan
mudharabah berjangka di KSPPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan, dengan
nilai thitung 2,273 > ttabel 1,994 dengan tarif signifikansi 0,026 < 0,05. Untuk variabel
kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota
tabungan mudharabah berjangka di KSPPS BMT UGT Sidogiri Cabang Pamekasan,
dengan nilai thitung 7,398 > ttabel 1,994 dengan tarif signifikansi 0,000 < 0,05
Tidak tersedia versi lain