Text
Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Anggota Menabung pada Produk Simpanan Berjangka dengan Akad Mudharabah di KSPPS NURI Jatim Cabang Palduding
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Kualitas Produk, Keputuasan Anggota dan KSPPS
NURI Jatim
Akhir-akhir ini persaingan di sektor lembaga keuangan syariah sudah sangat
pesat. Oleh karena itu supaya lembaga keuangan syariah KSPPS NURI Jatim dapat
bertahan, maka harus memberikan layanan serta produk-produk yang baik. Jika
layanan dan produk terus dipertahankan dan dikembangkan dengan baik, maka hal
tersebut nantinya akan berdampak baik terhadap lembaga. Permasalahan yang akan
dikaji dalam penelitian ini yaitu: pertama, peneliti ingin mengetahui apakah ada
pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap keputusan anggota. Kedua,
peneliti ingin mengetahui variabel manakah yang paling dominan antara kualitas
layanan dan kualitas produk dalam mempengaruhi keputusan anggota. Ketiga,
seberapa besar pengaruh kualitas layanan dan kualitas produk terhadap keputusan
anggota.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan bantuan alat
analisis SPSS 24. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
tekhnik Purposive Sampling. Sampel ditentukan dengan rumus Solvin dan jumlah
responden yang diambil sebanyak 76 Anggota. Instrumen yang digunakan dalam
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner (angket).
Hasil uji signifikan secara simultan (uji F) diperoleh Fhitung sebesar 51,966
> Ftabel 3,12 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa variabel
kualitas layanan (X1) dan kualitas produk (X2) secara bersama-sama berpengaruh
terhadap keputusan anggota (Y). Hasil uji parsial (uji t) variabel kualitas layanan
(X1) diperoleh thitung sebesar 4,379 > ttabel 1,666 dengan taraf siginfikan 0,000 < 0,05,
variabel kualitas produk (X2) diperoleh thitung sebesar 5,097 > ttabel 1,666 dengan
taraf signifikan 0,000 < 0,05. Dari hasil uji t dapat disimpulkan bahwa variabel
kualitas layanan (X1) dan kualitas produk (X2) berpengaruh secara individu
terhadap keputusan anggota (Y). Dari kedua variabel kualitas layanan (X1) dan
kualitas produk (X2) yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan
anggota yaitu variabel kualitas produk (X2) hal ini dikarenakan variabel kualitas
produk mempunyai nilai beta (β) paling besar yaitu sebesar 0,433 dan berpengaruh
signifikan terhadap keputusan anggota menabung di KSPPS NURI Jatim Cabang
Palduding. Dari hasil analisis koefisien determinasi terlihat bahwa besarnya R2
adalah 0,587 atau 58,7%. Sedangkan 41,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti
Tidak tersedia versi lain