Text
Pengaruh Customer Relationship Management, Service Quality, dan Brand Image Terhadap Customer Loyalty Pada BMT NU Jawa Timur Cabang Tlanakan
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Service Quality, Brand
Image, Customer Loyalty.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
customer relationship management, service quality, dan brand image secara
parsial dan secara simultan terhadap customer loyalty pada BMT NU Jawa Timur
Cabang Tlanakan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian kausal yang menggunakan analisis regresi linear berganda. Sampel
dalam penelitian ini adalah 97 responden anggota BMT NU Jawa Timur Cabang
Tlanakan. Adapun metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah dengan teknik nonprobability sampling dengan metode purposive
sampling. Data yang diperoleh merupakan data primer, yaitu jawaban responden
dari kuesioner yang telah disebarkan. Pengujian statistik dalam penelitian ini
menggunakan uji kualitas data (uji validitas dan uji reliabilitas), uji regresi linear
berganda, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji
autokorelasi, dan uji normalitas), dan uji hipotesis (koefisien determinasi, uji F,
dan uji t).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, customer relationship
management berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty dengan
nilai t hitung 4,200 > t tabel 1,98552 dan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05.
Kedua, service quality berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty
dengan nilai t hitung 3,051 > t tabel 1,98552 dan taraf signifikansi 0,003 < α =
0,05. Ketiga, brand image berpengaruh secara signifikan terhadap customer
loyalty dengan nilai t hitung 4,046 > t tabel 1,98552 dan taraf signifikansi 0,000 <
α = 0,05. Dan keempat, customer relationship management, service quality, dan
brand image berpengaruh secara signifikan terhadap customer loyalty dengan
nilai F hitung 110,334 > F tabel 3,09 dan taraf signifikansi 0,000 < α = 0,05
Tidak tersedia versi lain