Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KSPPS BMT NU CABANG UTAMA GAPURA SUMENEP
Kata Kunci: Tangible, Empathy, Reliability, Responsiveness, Assurance,
Kepuasan Nasabah
Tangible merupakan kemampuan dalam menampilkan fasilitas fisik,
meningkatkan kondisi gedung yang bersih, dan tempat parkir yang aman, empathy
sebagai bentuk perhatian pribadi, memahami kebutuhan pelanggan adalah faktor
yang paling dominan dalam mempengaruhi tingkat kepuasan nasabah, reliability
merupakan kemampuan karyawan untuk meningkatkan pelayanan dengan tepat
waktu, responsiveness merupakan kemampuan karyawan untuk meningkatkan
kecepatan dalam bertugas untuk menanggapi permintaan nasabah, assurance
merupakan kemampuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan serta
sifat yang dapat dipercaya dalam menangani keluhan nasabah. Tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: pertama, untuk
menganalisis adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah
KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep; kedua, untuk menganalisis
seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah KSPPS
BMT NU cabang utama Gapura Sumenep; ketiga, untuk mengnalisis kualitas
pelayanan apa yang memilki pengaruh paling besar terhadap kepuasan nasabah
KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan jenis
penelitian yang dilakukan adalah jenis asosiatif kausal dengan menggunakan
analisis regresi linier berganda yang berguna untuk mengukur kekuatan hubungan
antara satu variabel dengan variabel lainnya dan menunjukkan arah hubungan
antara variabel dependen dengan variabel independen, jenis data yang digunakan
adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner, dan prosedur pengumpulan
data melalui angket/kuesioner dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa yang pertama, terdapat
pengaruh yang signifikan variabel tangible terhadap kepuasan nasabah. Dengan
nilai thitung = 3,627 > ttabel = 1,66235, nilai koefisien regresi sebesar 1,061 (taraf
signifikan sebesar 0,000 < 0,05), hal ini berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Pada
variabel empathy diperoleh nilai thitung = 4,911 > ttabel = 1,66235, nilai koefisien
regresi sebesar 1,562 (taraf signifikan sebesar 0,000 < 0,05) ; kedua, nilai R
square 0,664 atau 66,4% yang berarti bahwa variabel independen mampu
menjelaskan variabel dependen sebesar 66,4% sedangkan sisanya (100% - 66,4%
= 33,6%) dipengaruhi oleh variabel-variabel lain. Variabel empathy/empati
mempunyai nilai variabel paling dominan mempengaruhi kepuasan nasabah khususnya di
KSPPS BMT NU cabang utama Gapura Sumenep, alasannya karena variabel
empathy/empati memiliki nilai koefisien regresi terbesar yaitu 1,562 jika dibandingkan
dengan variabel lainnya.
Tidak tersedia versi lain