Text
KORELASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANABEMENT PADA LOYALITAS ANGGOTA KSP BMT NU CABANG KOTA SUMENEP
ABSTRAK
Susi Nur Aini, 2020, Korelasi Customer Relationship Management pada Loyalitas
Anggota KSP BMT NU Cabang Kota-Sumenep, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisinis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing: Dr. Sri Handayani, MM.
Kata Kunci: Customer Relationship Management, Loyalitas Anggota
KSP BMT NU Cabang Kota-Sumenep termasuk sebuah lembaga keuangan
yang tengah berkembang, tentunya memiliki banyak pesaing dari berbagai lembaga
keuangan lainnya sehingga, dalam persaingan tersebut memerlukan peranan
pemasaran sebagai fungsi pengorganisasian dan sekumpulan proses untuk
menciptakan nilai, pengkomunikasian nilai dan penyerahan nilai tersebut kepada
pelanggan, serta untuk memanajemeni hubungan pelanggan (CRM) dengan cara yang
bermanfaat bagi organisasi dan pemegang kepentingan. Permasalahan yang akan
dikaji dalam penelitian ini yaitu peneliti ingin mengetahui apakah Customer
Relationship Management berhubungan secara parsial pada Loyalitas Anggota KSP
BMT NU Cabang Kota-Sumenep.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan tekhnik analisis
data menggunakan regresi linear sederhana, dan bantuan alat analisis SPSS. Jenis data
yakni data primer. Populasi dalam penelitian ini yaitu Anggota KSP BMT NU
Cabang Kota-Sumenep. Tekhnik pengambilan sampel dalam penelitian ini
menggunakan tekhnik simple random sampling yaitu teknik pengambilan sampel
yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur populasi untuk dipilih
menjadi anggota sampel. Pengambilan sampel ditentukan dengan rumus slovin
dengan jumlah responden105. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data
ini yaitu, kuesiner (angket).
Hasil uji secara parsial (uji T), variabel Customer Relationship Management
diperoleh nilai Thitung 9,074 > Ttabel 1,983 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hasil uji
tersebut menunjukkan bahwa variable Customer Relationship Management memiliki
korelasi yang signifikan pada loyalitas anggota. Maka, dapat disimpulkan bahwa
Customer Relationship Management mempunyai korelasi secara parsial pada
Loyalitas Anggota KSP BMT NU Cabang Kota-Sumenep.
Hasil analisis koefisien determinasi terlihat bahwa besarnya R2 adalah 0,444
atau 44,4%. Hal ini menunjukkan sebesar 44,4% kemampuan model regresi pada
penelitian ini dalam menerangkan variable dependen. Artinya, besar korelasi antara
Customer Relationship Management pada Loyalitas Anggota KSP BMT NU Cabang
Kota-Sumenep adalah 44,4%.
Tidak tersedia versi lain