Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KE PUASAN NASABAH DI BMT NU JAWA TIMUR CABANG TAMBELANGAN SAMPANG
ABSTRAK
Anis Nuril Laily, 2020, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah di BMT
NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang, Skripsi, Program Studi
Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Madura,
Pembimbing H. Wadhan, SE. M.Si.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, , Kepuasan Nasabah
Kualiatas pelayanan memegang peranan penting dalam suatu perusahaan,
karena menarik nasabah menggunakan produk perbankan yang di sediakan..
Perananan manusia yang melayani pelanggan merupakan faktor utama karena
hanya dengan manusialah pelanggan dapat berkomunikasi secara langsung. Dan
kepuasan nasabah merupakan penilaian dari pelanggan atas penggunaan barang
ataupun jasa dibandingkan dengan harapan sebelum penggunanya. Oleh karena itu
BMT NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang harus mampu
meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabah agar BMT NU Jawa Timur
Cabang Tambelangan Sampang mampu bersaing dengan lembaga lainnya.Tujuan
melakukan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanaan
terhadap kepuasan nasabah, menganalisis sebesarapa besar pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasaan nasabah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, analisis yang
digunakan adalah regresi linear sederhana. Teknik sampling yang digunakan
adalah penelitian ini menggunakan non probability sampling (accidental
sampling), yaitu pengambilam sampling berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja
individu/ nasabah yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti. Dalam
penelitian ini sampel yang digunakan sebanyak 97 responden dari nasabah BMT
NU Jawa Timur Cabang Tambelangan Sampang.
Berdasarkan hasil penelitian ini, membuktikan dari hasil pengujian
hipotesis dengan uji t diperoleh thitungsebesar 1,989 lebih besar dari ttabelsebesar
1,985 dengan signifikasi 0,02 lebih kecil dengan tingkat kekeliruan 0,05, sehingga
dapat dikatakan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
kepuasan nasabah. Dan nilai R sebesar 0,330 atau 33% menunjukkan hubungan
antara variabel (kualitas pelayanan) dengan variabel (kepuasan nasabah) cukup
baik. Sedangkan sisanya sebesar 67% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya
yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini seperti keunggulan produk.
Tidak tersedia versi lain