Text
“Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasan”
ABSTRAK
Widiyanti Indriyana, 2019 “Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan di PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasan” Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Pembimbing: Dr. Rudy Haryanto, S.S.T., M.M.
Kata Kunci: Pengembangan SDM, Kompetensi, Kualitas Pelayanan
Perkembangan jumlah unit layanan gadai syariah di beberapa kota di Indonesia semakin bertambah tiap tahunnya. Melihat potensi tersebut, pemerintah hadir dengan mengkorversi ke syariah seluruh kantor cabang PT Pegadaian (Persero) di Madura. Hal tersebut menuntut PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasanuntuk memiliki sumber daya manusia yang handal. Upaya peningkatan kompetensi yang dimilikimemerlukan pengembangan yang efektif.Berdasarkan hal tersebut, maka ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan pengembangan kompetensi sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan; kedua, bagaimana implementasi program pengembangkan kompetensi sumber daya manusia; ketiga, bagaimana evaluasi yang dilakukan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenisdeskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dandokumentasi. Informan dalam penelitian iniKepala Cabang serta beberapa karyawan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, perencanaan pengembangan kompetensi dimulai dengan menganalisis keinginan perusahaan, menganalisis kebutuhan pengembangan, kemudian dilanjutkan dengan merencanakan kegiatan pengembangan. Kedua, dalam pelaksanaannya menggunakan dua metode pengembangan yaitu on the job training dan off the job training. Ketiga, terdapat dua bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu, pengamatan kinerja setiap karyawan yang dilakukan oleh Pimpinan Cabangdan dilakukan tes online oleh PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah Jawa Timur atau PT Pegadaian (Persero) Pusat. Secara umum, pengembangan kompetensi sumber daya manusia yang dilakukan PT Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Pamekasan sesuai dengan teori yang ada.
Tidak tersedia versi lain