Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SISWA DI MTs BUSTANUL ULUM AMBAT TLANAKAN PAMEKASAN
ARIFUDDIN.2018, Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Mengembangkan Karakter Siswa di MTs Bustanul Ulum Ambat, Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Dr. Siswanto, M.Pd.I
Kata Kunci: Manajemen Peserta Didik, Pengembangan Karakter Siswa
Pendidikan adalah kebutuhan mutlak bagi setiap bangsa karena hal tersebut menyangkut masa depan sebuah bangsa dari kualitas manusianya dan untuk meningkatkan kualitas tersebut, manusia hanya bisa dibina melalui pendidikan.Seiring dengan perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi dapat mempermudah siswa mendapat informasi dan belajar memalui media akan tetapi juga dapat menimbulkan hal buruk terhadap siswa dan dapatterkikisnya moral karakter siswa.
Terdapat tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini. Pertama Bagaimana penerapan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dalam mengembangkan karakter siswa Di MTs Bustanul Ulum Ambat Tlanakan Pmekasan. Kedua Bagaimana respon siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang di lakukan sekolah dalam mengembangkan karakter siswa Di MTs Bustanul Ulum Ambat Tlanakan Pmekasan. Ketiga Apa saja faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakkurikuler dalam mengembangkan karakter siswa Di MTs Bustanul Ulum Ambat Tlanakan Pmekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya deskriftif, sedangkan tehnik pengumpulan data yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.. informan kunci kepala sekolah, guru, dan siswa.sedangkan pengecekan keabsahan data di lakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: pertama dalam mengembangkan karakter siswa di MTs Bustanul Ulum Ambat Tlanakan Pamekasan kepala sekolah memberikan berbagai kegiatan keagamaan kepada siswa yang di laksanakan di luar jam belajar, selain kegiatan di luar jam belajar kepala sekolah juga menganjurkan agar setiap pelajaran di kelas di kaitkan dengan agama. KeduaRespon Siswa Terhadap Manajemen Peserta Didik Yang Di Lakukan Sekolah Dalam Mengembang kan Karakter Siswa beragam,ada yang tidak suka dengan adanya kegiatan tersebut tapi tidak sedikit yang antusias mengikuti semua kegiatan yang di berikan sekolah dan salah satu kegiatan yang paling di sukai siswa yaitu Al Banjari dan Qoriah. Dari beragam komentar dari siswa kepala madrasah tetap berupaya mengembangkan akhlak siswa.Ketiga Faktor Pendukung Manajemen Peserta Didik dalam Mengembangkan Karakter Siswa adalah:1)Memiliki dukungan dari kepala sekolah sebagai pemberi kebijakan orang tua siswa dan juga masyarakat sekitar.2) Adanya sarana dan prasarana.Sedangkang faktor penghambat dari pengembangan karakter di madrasah adalah:1)Kurangnya kesadaran dari orang tua siswa dan siswa akan pentingnya kesopanan atau akhlak.2) Control sekolah terbatas.3) Pengaruh lingkungan.4) Pengaruh teknologi.
Tidak tersedia versi lain