Kata Kunci: Nilai pendidikan, Film Kartun Upin Ipin, Ada dua fokus penelitian yang menjadi kajian utama penelitian ini, yaitu: (1) Apa saja nilai nilai pendidikan yang terdapat dalam film kartun upin ipin (2) Bagaimanakah pengaruh nilai-nilai pendidikan itu terhadap perkembangan afektif anak? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya fenomenologis. Pengum…
Kata Kunci: Implementasi Metode Wafa, Al-Qur’an, Anak Usia Dini Al-Qur’an Al-Karim adalah asas pengajaran, karena mencakup ajaran-ajaran Islam yang menata kehidupan kaum muslimin dalam seluruh masalah agama dan dunia. Sejarah Islam mencatat dan memaparkan model pendidikan yang berbasis pada peradaban Islam. Diawali dengan pendidikan anak yang diajarkan untuk belajar membaca dan menulis. S…
Kata Kunci: Implementasi Gerak Lagu Terhadap Perkembangan Fisik MotorikKasar Anak Usia Dini Pendidikan anak usia dini (PIAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditunjukkan bagi anak sejak lahir hingga usia6 tahun yang dilakukan dengan pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan r…
Kata Kunci : Strategi Mengajar Guru PAUD, Anak Usia Dini, Masa Pandemi Covid-19 Strategi mengajar dalam proses belajar mengajar merupakan upaya guru dalam mendesain pembelajaran agar pentransferan ilmu tersampaikan dengan optimal, terlebih mendidik anak usia dini di masa darurat perlu banyak ide yang bervariasi mengingat tingkat konsentrasinya yang sangat sedikit sekali. Ada empat pokok u…
Kata Kunci: Sikap Sopan Santun, Kegiatan Bermain Peran, Anak Usia Dini Bermain peran adalah berperan atau memainkan peranan dalam dramatisasi masalah sosial atau psikologis. Depdikbud menunjukkan bahwa bermain peran adalah salah satu bentuk permainan pendidikan yang digunakan untuk menjelaskan perasaan, sikap, tingkah-laku dan nilai, dengan tujuan untuk menghayati perasaan, sudut pandangan…
Kata Kunci: Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterkaitan peneliti dalam mengungkapkan fenomena yang dilakukan oleh pihak TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten Sampang dalam Implikasi Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini ( di TK PGRI 1 Taddan Camplong Kabupaten Sampang) dengan demikian…
Kata Kunci:Media Pembelajaran, Anak Usia Dini Media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media, proses kegiatan belajar mengajar akan semakin dirasakan manfaatnya. Penggunaan media pembelajaran pada anak usia dini semakin penting karena dapat membuat bahan pembelajaran menjadi lebih menarik peserta didik dan materi pelajaran akan…
Kata Kunci : Sarapan Bergizi, Keaktifan Anak Usia Dini Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9. Sarapan bergizi akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan anak. Sarapan bergizi seringkali dilakukan dirumah saja bersama keluarga, namun adakalanya sarapan bergizi dapat diterapkan di sekolah formal seperti halnya TK dan dilakukan bersama tema…
KATA KUNCI: Pembelajaran Bahasa Kedua, Anak Usia Dini Pembelajaran B2 bahasa kedua adalah suatu proses bertahap yang dipergunakan kanak-kanak ketika mereka sudah memperoleh bahasa pertamanya untuk menyesuaikan serangkaian hipotesis yang makin bertambah rumit, ataupun teori-teori yang masih terpendam atau tersembunyi yang mungkin sekali terjadi, dengan ucapan guru pengajar, anak-anak memili…
ABSTRAK Nayyiroh, 2020, Implementasi Metode Bercerita (StoryTelling) dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Di TK Insan Kamil Lenteng Sumenep, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah, IAIN Madura, Pembimbing: Hj. S. Sumihatul Ummah MS.M.Pd Kata Kunci: Implementasi Metode Bercerita (StoryTelling), Kecerdasan Spiritual, Anak Usia Dini Anak usia dini, dimana ma…