Peran Serta Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah. STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Qoyyimah, 2002, Peran Serta Madrasah Ibtidaiyah dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an Di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Skripsi Jurusan Tarbiyah. STAIN Pamekasan Pembimbing I Dra. Mariatul Qiptiyah, Pembimbing II Drs. Syaiful Arif
Adalah suatu keharusan (kewajiban) bagi pemeluk suatu agama/kepercayaan untuk menjalankan atau mematuhi aturan-aturan atau norma-norma yang ada pada agama itu sendiri. Untuk itu pengamat suatu agama harus tahu atau faham dari mana sumber norma-norma itu berasal, begitu pula dengan agama Islam. Seorang muslim harus tahu bahwa Al-Qur’an sumber aturan dan sumber norma dalam Islam, untuk itu muslim harus bisa membaca dan menulis Al-Qur’an agar mampu memahami apa yang terkandung di dalamnya (ayat-ayat Al-Qur’an) dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat tercipta pribadi muslim yang qur’ani.
Untuk membentuk pribadi muslim yang qur’ani, maka Madrasah Ibtidaiyah sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam harus bisa memainkan perannya dengan baik.
Madrasah Ibtidaiyah sebagai lembaga dasar dalam jenjang pendidikan agama secara formal harus bisa menampilkan dirinya sebagai sosok yang benar-benar dapat menghasilkan para siswa yang berkepribadian shaleh (Al-Qur’ani). Sehingga Madrasah Ibtidaiyah yang sementara ini hanya dihitung sebagai salah satu lembaga, keberadaannya bergeser menjadi diperhitungkan masyarakat.
Dan hasil penelitian yang penulis lakukan, ada peran serta Madrasah Ibtidaiyah dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, karena setelah dilakukan pembuktian dengan menggunakan alat bantu statistik dengan product momentnya terdapat pengaruh yang tergolong cukup. Yaitu dengan harga “r” 0,772 yang pada rentang antara 0,600 sampai dengan 0,800
Tidak tersedia versi lain