Text
Optimalisasi Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual-spasial Anak Usia Dini Di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan, Skripsi, Progam Studi PAI, Jurusan Tarbiyah
ABSTRAK
Yustin Agustina, 2013, Optimalisasi Alat Permainan Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Kecerdasan Visual-spasial Anak Usia Dini Di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan, Skripsi, Progam Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembingbing; Dr. Abd. Mukhid. M.Pd.
Kata kunci: Alat Permainan Edukatif, Kecerdasan Visual-spasial.
Ada tiga fokus yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, alat permainan apa saja yang bisa mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan. Kedua, bagaimana optimalisasi alat permainan edukatif dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan. Ketiga, faktor apa saja yang mendukung dan menghambat optimalisasi alat permainan edukatif (APE) dalam mengembangkan kecerdasan visual-sspasial anak usia dini di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan.
Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru PAUD dan siswa-siswi yang mengoptimalkan alat permainan edukatif untuk di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan tersebut. Sedangkan Kepala sekolah sebagai data sekunder saja. Metode yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data memakai teknik analisis data deskriptif atau dengan penelitian kualitatif.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan melalui diskusi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, bahwa alat permainan edukatif ada dua macam indoor dan outdoor, akan tetapi karena di PAUD Al-Uswah Terpadu Pamekasan adalah centra jadi alat-alat permainannya di satukan pada sentra jadi sentra yang untuk mengembangkan kecerdasan visual-spasial adalh centra balok, kreatifitas dan sentra drama. Kedua, optimalisasi alat permainan edukatif dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini di PAUD Al-Uswah Terpadu pamekasan menunjukkan hasil yang baik. Ketiga, faktor yang mendukung antara lain; guru-gurunya sudah terampil dalam mengoptimalkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini. Sedangkan faktor penghambat antara lain; kurangnya dana untuk mengembangkan alat permainan edukatif yang ada, anak-anak masih susah untuk di atur.
Agar adanya alat permainan edukatif benar-benar bisa mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak usia dini maka perlu adanya kerja sama antara kepala sekolah, guru dan orang tua siwa untuk bisa mengoptimalkan alat permainan eduktif yang tersedia di PAUD.
Tidak tersedia versi lain