Text
Pengaruh buku Pegangan Guru terhadap efektifitas Belajar Siswa Di SMP Islam Al Waraqot Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Jurusan tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Umniyatul Qudsiyah, 2008, Pengaruh buku Pegangan Guru terhadap efektifitas Belajar Siswa Di SMP Islam Al Waraqot Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Jurusan tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pembimbing, Edi Susanto, M. Fil. I.
Kata Kunci: Buku Pegangan Guru, efektifitas Belajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, adakah pengaruh buku pegangan guru terhadap efektifitas belajar siswa di SMP Islam Al-Waraoqot Pamaroh Kecamatan kadur Kabupaten Pamekasan. Kedua, seberapa besar pengaruh buku pegangan guru terhadap efektifitas belajar siswa di SMP Islam Al-Waraqot Pamaroh Kecamatan kadur Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional.populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMP Islam al-Waraqot Pamaroh Kecamatan kadur Kabupaten Pamekasan sebanyak 18 orang. Instrumen yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh buku pegangan guru terhadap efektifitas belajar siswa di SMP Islam Al-Waraqot Pamaroh Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan dengan interpretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa “r” kerja 0,633 lebih besar dari nilai “r” tabel product moment. Dimana pada N : 18 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,468 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,590. dan “r” kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r” product moment, nilai “r” kerja 0,633 berada diantara angka 0,40-0,70 dengan nilai interpretasi cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penggunaan buku pegangan di SMP Islam Al-Waroqot Pamaroh Kecamatan kadur Kabupaten Pamekasan perlu dimaksimalkan oleh guru maupun siswa itu sendiri. Agar proses belajar mengajar dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran dan siswa lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar.
Tidak tersedia versi lain