Text
Pengembangan Kepribadian Anak Melalui Pendidikan Karakter di TK al-Faizin Panaguan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah
ABSTRAK
Robiatul Andawiyah, 2013, Pengembangan Kepribadian Anak Melalui Pendidikan Karakter di TK al-Faizin Panaguan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan, Skripsi, Program Studi PAI, Jurusan Tarbiyah, Pembimbing: Buna'i S.Ag. M.Pd.
Kata Kunci: Kepribadian, Pendidikan Karakter.
Taman Kanak-kanak (TK) sebagai salah satu penyelenggara pendidikan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. TK berfungsi untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa sejak dini. Pembinaan watak dan karakter atau kepribadian anak TK disesuaikan dengan salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional, yaitu pendidikan diselenggarakan secara demokratis dan berkeadilan serta tidak diskriminatif. Namun seiring perkembangan zaman, anak didik terus dihadapi pada tantangan yang begitu besar, sehingga pendidikan karakter untuk mengembangkan kepribadian anak perlu diterapkan sedini mungkin.
Berdasarkan hal tersebut, maka permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana perencanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan kepribadian anak di TK al-Faizin Panaguan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Kedua, bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter dalam mengembangkan kepribadian anak di TK al-Faizin Panaguan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Ketiga, bagaimana hasil pendidikan karakter dalam mengembangkan kepribadian anak di TK al-Faizin Panaguan Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informannya adalah guru TK, kepala TK, anak TK dan wali murid. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, para guru TK al-Faizin sebelum melakukan kegiatan sudah melakukan persiapan atau perencanaan kegiatan dengan baik, seperti dengan penentuan tujuan ataupun persiapan bahan yang dibutuhkan. Kedua, penerapan pendidikan karakter di TK al-Faizin telah dilaksanakan semaksimal mungkin, yang termasuk didalamnya prioritas utama materi yang disampaikan dalam penanaman nilai karakter, penggunaan metode yang bervariasi, media yang beragam, evaluasi yang dilaksanakan dan pihak-pihak yang dilibatkan, serta bentuk-bentuk implementasi pendidikan karakter. Ketiga, hasil dari penerapan pendidikan karakter terhadap pengembangan kepribadian anak TK akan jauh lebih baik, baik dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Agar penerapan pendidikan karakter dalam mengembangkan kepribadian anak TK berjalan secara optimal dan sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, maka kepala dan guru TK al-Faizin diharapkan mampu meningkatkan kualitas pengelolaan, pelayanan pada TK al-Faizin. Begitu juga orang tua hendaknya terus memantau perkembangan anak sehingga terjadi sinergi antara keluarga dan pihak sekolah dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini.
Tidak tersedia versi lain