Text
Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menentukan Jurusan Siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekesan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)
ABSTRAK
Riskiyah 2013, Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menentukan Jurusan Siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekesan, Skripsi, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Pembimbing; Dr. Atiqullah, S.Ag.,M.Pd
Kata Kunci: Upaya Guru Bimbingan dan Konseling, Menentukan Jurusan.
Keberadaan guru bimbingan dan konseling disuatu sekolah sangat dibutuhkan dalam rangka membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa dalam belajar, serta memotivasi bakat dan minat siswa. Guru bimbingan dan konseling memiliki tugas, tanggung jawab dan wewenang dalam pelaksanaan pelayanan bimbingan dan konseling terhadap peserta didik. Tugas guru konselor berhubungan dengan pengembangan diri peserta didik yang sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, minat, dan kepribadian siswa.
Ada tiga pokok permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (2) Bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan?
Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, (2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan, (3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dari upaya guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis deskriptif. Data yang diperoleh yaitu dengan cara observasi,wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data melalui ketekunan penelitian dan triangulasi.
Hasil penelitian dapat peneliti simpulkan Pertama,peran guru BK dalam menentukan jurusan siswa adalah untuk memupuk kemampuan siswa pada bidang keilmuan tertentu, untuk menumbuhkan dan memotivasi minat dan bakat yang dimiliki oleh setiap siswa. Kedua, upaya guru bimbingan dan konseling dalam menentukan jurusan siswa adalah menyebarkan angket penjurusan, memberikan informasi tentang program penjurusan yang ada di sekolah, bekerjasama dengan wali kelas dan guru pengajar. Ketiga,faktor pendukung dari upaya guru BK dalam menentukan jurusan siswa di MA Sumber Bungur Pakong Pamekasan adalah adanya angket penjurusan,adanya kemauan dari beberapa siswa untuk berkonsultasi dengan guru BK, dan dengan adanya kerjasama antara guru BK dengan wali kelas dan guru pengajar. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya personil guru BK di sekolah, masih ada sebagaian siswa yang enggan untuk berkonsultasi dengan guru BK, tidak adanya jam tatap muka untuk guru BK, dan tidak adanya buku pedoman tentang program yang ada di sekolah.
Tidak tersedia versi lain