Text
Peranan Kelengkapan Sarana Belajar siswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Sampang, Skripsi , Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Muhammad Sujak, 2008, Peranan Kelengkapan Sarana Belajar siswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Sampang, Skripsi , Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Moh Kosim, M. Ag.
Kata Kunci: Kelengkapan Sarana, Anak Didik, Motivasi Belajar
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, tentang ada tidaknya kelengkapan sarana belajar siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Sampang . Kedua, seberapa besar peranan kelengkapan sarana belajar siswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Sampang.
Populasi penelitian adalah anak didik atau siswa-siswi SMA Negeri 2 Sampang tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 720 murid. Jumlah sampel 10% dari populasi yang ada (72) orang, ditentukan dengan menggunakan tehnik random sampling. Instrumen pokok yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan kelengkapan sarana belajar siswa di SMA Negeri 2 Sampang berperan sangat rendah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisisi data statistik bahwa, tabel pada N=72 menunjukkan angka 0,235. sedangkan r kerja / kritik menunjukkan angka 0,12 pada taraf signifikan 5%. Dengan demikian, karena r kerja lebih rendah dari r tabel, maka Ho dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di SMA Negeri 2 Sampang. Kalaupun ada peranannya, sangat rendah. Hal ini dibuktikan dari tabel intrpretasi nilai r yang menunjukkan bahwa angka 0,12 (r kerja) berada pada interval antara 0,000 sampai dengan 0,200 dengan interpretasi sangat rendah (tidak berkorelasi).
Tidak tersedia versi lain