Text
Pengaruh cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SDN Pragaan Laok III Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Hefni, 2008 Pengaruh cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SDN Pragaan Laok III Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Buna’i, S. Ag, M. Pd.
Kata Kunci: Cara Belajar, Prestasi Belajar Siswa.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, adakah pengaruh Cara Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN Pragaan Laok III Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep? Kedua, Seberapa besar Pengaruh Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SDN Pragaan Laok III Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu menggunakan analisis data statistik. Sedangkan sifatnya adalah korelasi yaitu mencari hubungan antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Populasi penelitiannya adalah anak didik (siswa) SDN Pragaan Laok III Kecamatan Pragaan Kabupaten Sumenep sejumlah 110 siswa. Menggunakan purposive sampling (sampel bertujuan), artinya yang menjadi subjek penelitian dan yang akan diteliti adalah kelas IV sampai kelas VI yang berjumlah 46 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket dan nilai raport siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar berpengaruh terhadap prestai belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan pengaruhnya cukup signifikan. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa cara belajar mempunyai korelasi yang cukup signifikan. Hal ini terbukti dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa cara belajar mempunyai korelasi yang cukup signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hal ini dapat diketahui bahwa “r” product moment pada N = 46 adalah 0,676 dengan interval kepercayaan masing-masing 95% dan 99%. Dengan ini menunjukkan bahwa hipotesa awal yang penulis ajukan tealh diterima, hasil penelitian di atas juga merupakan jawaban terhadap rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini. Sedangkan hasil intepretasi product moment dapat diangkat dalam penelitian ini. Sedangkan intepretasi product moment dapat diketahui bahw “r” product moment, sehingga berada pada kategori cukup. Dengan demikian rumusan masalah kedua yang penulis ajukan juga telah terjawab, yakni cara belajar mempunyai korelasi cukup signifikan terhadap presatsi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain