Text
Penerapan ManajemenPembelajaran KelasBerbasis Spiritual Quotient di SekolahDasar Islam Al-Munawwarah Pamekasan, Skripsi, Program studi PAI, Jurusan Tarbiyah
ABSTRAK
MusrifahAlfan, 2013,PenerapanManajemenPembelajaranKelasBerbasis Spiritual Quotient di SekolahDasar Islam Al-MunawwarahPamekasan, Skripsi, Program studi PAI, JurusanTarbiyah, Pembimbing: Atiqullah, M.Pd.
Kata Kunci:ManajemenPembelajaranKelas, Spiritual Quotient
Manajemenpembelajarankelasadalahsuatu proses perencanaandanmengaturdimanapesertadidikmenjadiobjekdarimanajementersebut, makadarikepalasekolah, guru dansemuaelemen yang ada di dalamnyaturutberperandalammengaturnya, baikdalampengaturankelasmaupundalampembelajaran,disampingituguru mempunyaiperanpentingdalammeningkatkankeimanansertaketaqwaanpesertadidikmelaluipenanamanspiritual quotientterhadappesertadidik, agar menjadiinsan yang berakhlaqulkarimah.
Ada tigapermasalahan yang menjadikajianpokokdalampenelitianini, yaitu: 1) bagaimanapandanganparapengeloladanpendidiktentangpenerapanmanajemenpembelajarankelasberbasisspiritual quotient di SDI Al-Munawwarah Pamekasan.2)bagaimanapenerapanmanajemenpembelajarankelasberbasisspiritual quotientdi SDI Al-MunawwarahPamekasan.3) Apasajafaktor-faktorpendukungdanpenghambatdalammenerapkanmanajemenpembelajarankelasberbasisspiritual quotient di SDI Al- MunawwarahPamekasan.
PenelitianinimenggunakanPendekatankualitatif yang berbentukdeskriptif, sumber data diperolehmelaluiwawancara, observasi, dandokumentasi.Informanadalahkepalasekolah, ustadz/ustadzahsertasiswa SDI Al-MunawwarahPamekasan.Sedangkanpengecekankeabsahan data dilakukanmelaluiketekunanpengamatan, triangulasidanuraianrinci.
Hasilpenelitianternyatamenunjukkanbahwa: 1) pandanganpengeloladanpendidiktentangpenerapanmanajemenpembelajarankelasberbasisspiritual quotientadalahkarenainginmeningkatkankeimanansertaketaqwaanterhadapTuhan Yang MahaEsa, menjadipribadi yang mempunyaiakhlakulkarimah, moral yang baik, karenasetiapharigenerasimudasemakinbobrokakhlaknyadanbanyak yang tidakmemilikiarahtujuanhidup. Haliitumengacupadavisidanmisi SDI Al-Munawwarah.2) penerapanmanajemenpembelajarankelasberbasis spiritualadalahGuru bertindaksebagaipengasuh, teladan, danpembimbing. Menciptakansebuahkomunitas moral, Menegakkandisiplin moral melaluipelaksanaankesepakatan yang telahditentukansebagaiaturan main bersama.Menciptakansebuahlingkungankelas yang demokratis, Mengajarkannilai-nilaimelaluikurikulumdengancaramenggaliisimateripembelajarandarimatapelajaran yang sangat kaya dengannilai-nilai moral, Mempergunakanmetodepembelajaranmelaluikerjasama agar siswasemakinmampumengembangkankemampuanmerekadalammemberikanapresiasiataspendapat orang lain, Membangunsebuah rasa tanggungjawabbagipembentukandalamdiripesertadidikdengancaramemberikanpenghargaanataskesediaannyauntukbelajar, Mengajarpesertadidik agar beranimemikirkandanmengolahpersoalan yang berkaitandengankonflik moral, melaluibacaan, penelitian, diskusi, dan lain-lain.3) Faktor-faktorpendukungdanpenghambatdalammenerapkanmanajemenpembelajarankelasberbasisspiritual quotientadalahFaktor-faktorpendukungtersebutyaitu: Pertama,motivasidanminat yang adadalamdiripesertadidik. Kedua, saranadanprasarana di dalamkelasmaupun di luarkelas yang cukupmemadai,contohnyabagaimanaletakkursidanmeja.Ketiga, mendapatdukungandarisemuaustadzdanustadzah, orang tuasiswadanlingkungan,daribeberapakomponen di atasdapatjugamenjadifaktor-faktorpenghambatdalammenerapkanmanajemenpembelajarankelasberbasisspiritual quotient.
Tidak tersedia versi lain