Minat siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Miftahul Huda Desa Patapan kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Syafiuddin, 2008, Minat siswa Dalam Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Miftahul Huda Desa Patapan kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Edi Susanto, M. Fil.I
Kata Kunci: Minat Siswa, Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam
Dalam penelitian ini ada tiga fokus penelitian pertama, bagaimana minat siswa dalam belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Mitahul Huda Desa Patapan Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang, kedua, apa faktor pendukung terhadap minat siswa dalam belajar mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Mifatahul Huda Desa Patapan Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang. Ketiga, apa faktor penghambat terhadap minat siswa dalam belajar mata pelajaran sejarah Kebudayan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Desa Patapan Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan cara observasi, interview, dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif, kemudian seluruh data yang di dapat dicek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah tsanawiyah Miftahul Huda Desa patapan Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang adalah baik dengan indikator upaya memotivasi siswa yang bisa menunjang terhadap tumbuhnya pemahaman dalam Sejarah Kebudayaan Islam dan tanggung jawab sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang betul-betul faham dengan materi dengan diaplikasikannya agar membentuk peserta didik yang berkualitas. Sedangkan faktor pendukung dalam belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Desa Patapan Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang cukup lengkap seperti buku-buku referensi untuk pegangan sejarah kebudayaan Islam. Sedangkan untuk sarana saya gunakan dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam adalah dengan menampilkan di telivisi melalui VCD sehingga siswa bisa memberikan pemahaman yang maksimal dengan optimal. Sedangkan faktor penghambat dalam belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan islam di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Desa Patapan Kecamatan Torjun Kabupaten Sampang adalah sarana dan prasarana yang kurang dipergunakan secara optimal dan minimnya pendanaan di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda Desa Patapan
Tidak tersedia versi lain