Text
Peranan Pendidikan Keluarga Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di SDN Murtajh III Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, STAIN Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
MUNAWARAH, 2008, Peranan Pendidikan Keluarga Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Di SDN Murtajh III Desa Murtajih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Skripsi, STAIN Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Dra Hj Mariatul Qibtiyah Harun AR, M. Ag.
Kata Kunci: Pendidikan Keluarga, Pengembangan Kreativitas Anak.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama tentang ada tidaknya peranan pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak di SDN murtajih III. Kedua, seberapa besar peranan pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak di SDN Murtajih III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.
Sampel penelitian ini adalah anak di SDN Murtajih III kelas III, IV, V,dan VI yang berjumlah 40 anak. Instrumen yang digunakan adalah angket, observasi, interview, dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama 20 hari, mulai tanggal 8 Juli sampai dengan 28 Juli 2008. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peranan pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak di SDN Murtajih III Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, dan tingkat peranannya sangat rendah. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik dengan “r” kerja (0,800) dikonsultasikan dengan tabel interpretasi korelasi, berada pada interval (0,000) sampai dengan (0,200) dengan nilai interpretasi sangat rendah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka pendidikan keluarga dalam mengembangkan kreativitas anak khususnya pada tingkat Sekolah Dasar kelas III, IV, V, dan VI perlu ditingkatkan. Upaya tersebut dapat dilakukan orang tua dengan cara memahami keunikan sebagai anugerah Tuhan yang harus dibina, diarahkan dan dikembangkan. Orang tua hendaknya bekerja sama dengan guru atau pihak sekolah untuk menemukan ide-ide kreatif dalam membina, mengarahkan dan mengembangkan kreativitas anak sehingga kreativitas yang dimiliki anak dapat berkembang secara maksimal dalam mencapai cita-cita yang gemilang.
Tidak tersedia versi lain