Studi Tentang Proses kreatifitas Belajar Siwa di SMA al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan, Jurusan tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Masduki, 2008, Studi Tentang Proses kreatifitas Belajar Siwa di SMA al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan, Jurusan tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. Masyhur Abadi, M. Fil.I
Kata Kunci: Proses Kreatifitas Belajar, faktor Pendukung, faktor penghambat
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, Bagaimana upaya sekolah dalam menumbuhkan proses kreativitas belajar siswa di SMA Al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan, kedua, apa saja faktor pendukung proses kreativitas belajar siswa di SMA Al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan, ketiga, Apa saja faktor penghambat proses kreativitas belajar siswa di SMA Al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan.
Dalam penelitian ini lokasi yang diambil SMA Al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan, pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis deskriptif, sumber data diperoleh melalui observasi, interview, dokumentasi. Informannya adalah kepala sekolah, guru, di SMA Al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan. Analisis data yang menggunakan analisis deskriptif untuk memperkuat hasil temuan dilakukan cek keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya sekolah dalam menumbuhkan proses kreativitas belajar siswa di SMA Al- Miftah panyepen Palengaan Pamekasan sangat baik seperti pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh peserta didik serta motivasi yang bisa menunjang terhadap tumbuhnya sikap dan tanggung jawab di dalam diri siswa sehingga mereka bisa merealisasikan program yang telah disepakati bersama. Sehingga perhatian kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam rangka menghasilkan peserta didik yang betul-betul faham dengan program yang diaplikasikannya. Sedangkan faktor pendukung proses kreativitas belajar siswa di SMA Al- Miftah panyepen Palengaan Pamekasan adalah sangat dipengaruhi dan ditentukan oleh faktor pihak pengelola lembaga pendidikan dan faktor fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat proses kreativitas belajar siswa di SMA Al-Miftah Panyepen Palengaan Pamekasan adalah dapat dipengaruhi dengan faktor internal kurangnya minat anak didik dalam upaya untuk belajar secara efektif. Sedangkan faktor eksternal kurangnya motivasi dan partisipasi dari orang tua dan masyarakat secara optimal.
Tidak tersedia versi lain