Text
Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlaq Sebagai Media Dakwah Di Madrasaha Aliyah Bustanul Ulum Sejati Camplong Sampang, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
HODRI, 2008, Pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlaq Sebagai Media Dakwah Di Madrasaha Aliyah Bustanul Ulum Sejati Camplong Sampang, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: H. Moh Hasan, M. Ag.
Kata Kunci: Media Dakwah, Pembelajaran Aqidah akhlaq, Madrasah Aliyah
Penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlaq sebagai media dakwah Islamiyah di Madrsaha Aliyah Bustanul Ulum Sejati. Kedua, apa metode pembelajaran aqidah akhlaq sebagai media dakwah islamiyah di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati. Ketiga, apa faktor pendukung dan penghambat dalam penyampaian materi aqidah akhlaq sebagai media dakwah islamiyah di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dengan cara observasi, Interview, dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis tema dan analisis realitatif, deskirptif, kemudian seluruh data tersebut dicek keabsahannnya, dengan triangulasi, pengecekan anggota, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan dan uaraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan dakwah isalmiyah di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Camplong Sampang tidak hanya dilaksanakan dalam pembelajaran aqidah akhlaq, akan tetapi penyampaian materi pelajaran lainnya juga tidak mengabaikan misi-misi dakwah islamiyah.
Metode yang digunakan dalam penyampaian materi pelajaran aqidah akhlaq sebagai media dakwah islamiyah adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas, dan metode keteladanan.
Ada beberapa faktor yang mendukung terhadap penyampaian misi-misi dakwah islamiyah dalam pembelajaran aqidah akhlaq, yaitu faktor intern (kecerdasan) dan faktor ekstern (lingkungan).
Dan hasil akhir bagi siswa Madrasah Aliyah Butanul Ulum Sejati Camplong Sampang dari pembelajaran aaqidah akhlaq sebagai media dakwah islamiyah tersebut dapat dicermati dari tujuan pembelajaran aqidah akhlaq yaitu terciptanya peserta didik yang berilmu pengetahuan tinggi dilandasi akhlakul karimah yang baik dalam pengamalannya. Keberhasilan tersebut dapat meliputi tiga aspek psikiomotorik.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditegaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlaq sebagai media dakwah dilakukan dengan optimal di Madrasah Aliyah Bustanul Ulum Sejati Camplong Sampang. Sehingga dengan demikian terciptalah peserta didik yang berilmu pengetahuan yang dilandasi dengan akhlakul karimah dalam pengamalannya, sehingga lembaga pendidikan benar-benar menceminkan nilai-nilai akhlakul karimah.
Tidak tersedia versi lain