Text
Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di SDN Panempan I Pamekasan Thaun Pelajaran 2007-2008, Skripsi , STAIN Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Qurratul Aini, 2008, Pengaruh Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di SDN Panempan I Pamekasan Thaun Pelajaran 2007-2008, Skripsi , STAIN Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Mulyadi, SS, M. Pd.
Kata Kunci: Penerapan KTSP, Keaktifan Belajar.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang ada tidaknya pengaruh penerapan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) terhadap keaktifan belajar siswa di SDN Panempan I Pamekasan, kedua seberapa besar pengaruh penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) terhadap keaktifan belajar siswa di SDN panempan I Pamekasan.
Populasi penelitian adalah siswa SDN Panempan I Pamekasan yang berjumlah 68. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berlangsung selama 20 hari, mulai tanggal 17 Mei sampai 6 Juni 2008. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) berpengaruh rendah. Dengan kata lain, bahwa r kerja (0,251) dikonsultasikan denga tabel interpretasi korelasi, berada pada interval (0,200) samapai dengan (0,400)
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) pada Sekolah Dasar, khususnya kelas IV, V dan VI perlu ditingkatkan. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara meningkatkan SDM (Kualitas dan kuantitas) tenaga pendidik di SDN Panempan I Pamekasan, menjalin kerja sama antar guru dan orang tua murid dan menambah bimbingan (jam pelajaran) pada anak yang kurang mampu terhadap mata pelajaran yang diberikan oleh guru dan harus selalu mengontrol kegiatan anak.
Tidak tersedia versi lain