Text
Peran Serta Guru Agama Dalam Meningkatkan Trdisi Bershdaqah Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Misbah Ponjanan Barat Batu Marmar Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Abdul Hamid, 2008, Peran Serta Guru Agama Dalam Meningkatkan Trdisi Bershdaqah Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Misbah Ponjanan Barat Batu Marmar Pamekasan. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. M. rasyid Ridlo, M. Ag.
Kata Kunci: Guru Agama dan Shadaqah
Permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini ada dua macam, pertama: Adakah peran serta guru agama dalam meningkatkan tradisi bershadaqah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Misbah Ponjanan barat Batu Marmar Pamekasan ? dan kedua: seberapa besar peran serta guru agama dalam meningkatkan tradisi bershadaqah siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Misbah Ponjanan Barat Batu Marmar Pamekasan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Misbah Ponjanan Barat Batu Marmar Pamekasan, kelas VII, VII, dan IX, sebanyak 69 siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode angket sebagai metode primer (utama). Sedangkan observasi,Interview, dokumentasi hanya sebagai tehnik pendukung atau penunjang saja. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik satatistik product moment.
Adapun hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa ada peran serta guru agama dalam meningkatkan tradisi bershadaqah siswa di Madrasah Tsanawiyah al-Misbah Ponjanan Barat Batu Marmar Pamekasan, dengan interpretasi rendah. Hal ini terbukti dari hasil statistik yang menunjukkan bahwa nilai “r” kerja 0, 395 lebih besar dari nilai “r” tabel product moment. Di mana pada N= 65 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,227, dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0, 296 dan dalam tabel interpretasi nilai “r” product moment nilai “r” kerja 0, 395 berada diantara angaka 0,200-0, 400, dengan interpretasi rendah.
Terhadap penelitian tersebut maka peran serta guru agaam dalam meningkatkan tradisi bershadaqah siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-Misbah ponjanan Barat Batu Marmar Pamekasan perlu ditingkatkan. Upaya tersebut hubungan antara guru agama dengan siswa lebih dekat karena murid merupakan orang yang minta pertolongan baik dari segi pembelajaran maupun dari sikap keagamaannya.
Tidak tersedia versi lain