Text
Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Abdul Wahed, 2008, Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Aktivitas Belajar Siswa di SMP Negeri 8 Pamekasan, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. H. Aziz Djaya.
Kata Kunci: Pembelajaran Kontekstual, Aktivitas Belajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, adakah pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap aktivitas belajar di SMPN 8 Pamekasan, kedua, seberapa besar pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap aktivitas belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan.
Populasi penelitian adalah siswa SMPN 8 Pamekasan tahun peljaran 2007/2008 sebanyak 145 siswa. Jumlah sampel 20% dari populasi yang ada 28 orang. Ditentukan dengan menggunakan tehnik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi wawancara. Tehnik analisis data yang digunakan adalah anlisis statistik dengan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kontekstual terhadap aktivitas belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan mempunyai peranan yang signifikan. Hal ini dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari pada harga kritik “r” product moment, baik pada taraf signifikansi 95% maupun pada taraf signifikansi 99%. Hasil “r” hitung adalah 0,872, sedangkan harga kritik “r” product moment dengan N sebanyak 28 responden pada taraf signifikansi 95% =0,372, sedangkan pada taraf signifikansi 99% =0,478. Sedangkan tingkat korelasi pembelajaran kontektual terhadap aktivitas belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan terbilang tinggi. Hal ini diketahui setelah “r” hitung dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”. Diketahui bahwa hasil “r” hitung adalah 0, 872. Bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”, maka nilai hasil tersebut bergerak antara 0,800 sampai dengan 1,000 dengan interpretasi tinggi. Dengan demikian dapat ditegaskan, bahwa tingkat korelasi antara pembelajaran kontekstual terhadap aktivitas belajar siswa di SMPN 8 Pamekasan adalah tinggi.
Tidak tersedia versi lain