Text
kompetensi Guru Bimbingan Dan konseling di SMPN I Palengaan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Akhmad Nawari, 2008, kompetensi Guru Bimbingan Dan konseling di SMPN I Palengaan Pamekasan, Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Drs. H Saiful Arif, M. Pd
Kata Kunci: Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling
Penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan yang menjadi kajian utama penelitian, pertama bagaimana kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam merencanakan program layanan di SMPN I Palengaan Pamekasan, kedua, bagaimana kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program layanan di SMPN I palengaan Pamekasan, ketiga, bagaimana kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam mengevaluasi program layanan di SMPN I palengaan Pamekasan.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif, data yang diperoleh dengan cara wawancara. Observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif. Kemudian seluruh data dapat di cek keabsahannya dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, uraian rinci.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru bimbingan dan konseling, dalam merencanakan program layanan di SMPN I Palengaan Pamekasan adalah baik, indikatornya guru bimbingan dan konseling dalam merencanakan program bimbingan dan konseling dalam rangka menarik minat, bakat dan kemampuan anak didik dalam mengembangkan karier. Sedangkan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam melaksanakan program layanan di SMPN I Palengaan Pamekasan adalah cukup baik, indikatornya hampir semua program dapat dilakukan dengan baik dan didukung fasilitas yang memadai terutama yang menyangkut pada sasaran kegiatan yang dimaksud. Seperti ruang khusus, adanya perhatian dari kepala sekolah, kerja sama dengan guru dan respon positif dari anak didik. Sedangkan kompetensi guru bimbingan dan konseling dalam mengevaluasi program layanan di SMPN I Palengaan Pamekasan adalah berjalan dengan baik, yaitu diantara dapat membentuk anak didik yang mempunyai kemampuan berfikir dengan menggunakan daya akal dan fikirannya dengan penuh tanggung jawab sehingga dapat tercipta anak didik yang berkualitas seperti menunmbuhkan sikap kedisplinan belajar, meningkatkan prestasi belajar, dan tumbuhnya sikap solidaritas sesuai dengan norma-norma agama
Tidak tersedia versi lain