Text
Korelasi Antara Cara Belajar Yang Efektif Terhadap peningkatan hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah mambaul Ulum Pangarengan Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Ahmad Mustofa MZ, 2008, Korelasi Antara Cara Belajar Yang Efektif Terhadap peningkatan hasil Belajar Siswa di Madrasah Aliyah mambaul Ulum Pangarengan Kabupaten Sampang. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prodi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing: Drs H Bustami Said
Kata Kunci: Cara Belajar Yang Efektif, Hasil Belajar.
Salah satu faktor keberhasilan belajar seorang siswa adalah bagaimana memahami cara belajar yang benar (efektif dan efesien). Cara belajar yang efektif akan menghasilkan prestasi belajar yang baik. kekeliruan memiliki cara belajar akan menurunkan hasil belajarnya.
Strategi penelitian yang dipakai untuk memperoleh bahan-bahan kajian meliputi metode angket, interview, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini melipputi siswa keals I, II, dan III di Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Pangarengan Kabupaten Sampang.
Temuan penelitian ini meliputi: keadaan sarana dan prasarana madrasah Aliyah Mambaul Ulum Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang, jumlah siswa, tenaga pengajar, metode belajar mengajar dan data tentang hasil belajar siswa serta ada korelasi antara cara belajar terhadap hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif antara cara belajar yang efektif terhadap peningkatan hasil belajar siswa Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang. Hal ini bisa dilihat dari “r” kerja yang diperoleh dari sejumlah sampel dan bila dikonsultasikan interpretasi nilai “r” berada pada rentang angka yang menunjukkan hubungan cukup memadai.
Tidak tersedia versi lain