Text
Korelasi Kerajinan Membaca Buku Dengan Penguasaan Materi Pelajar Siswa di madrasah Tanawiyah Al-In’an Desa Banjar Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
ZUBAIDI, 2008, Korelasi Kerajinan Membaca Buku Dengan Penguasaan Materi Pelajar Siswa di madrasah Tanawiyah Al-In’an Desa Banjar Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep. Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing Bapak Mulyadi, SS, M. Pd.
Kata Kunci: Kerajinan Membaca buku dan penguasaan Materi pelajaran
Permasalahan yang menjadi fokus kajian dan penelitian ini ada dua macam, pertama: tentang ada tidaknya dalam kerajinan membaca buku dengan penguasaan materi pelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-In’an Desa BanjarTimur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, dan kedua, besarnya korelasi kerajinan membaca buku dengan penguasaan materi pelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al-In’am Desa Banjar Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.
Populasi penelitian ini adalah siswa madrasah Stanawiyah Al-In’am Desa Banjar Timur Kecamatan GapuraKab Sumenep yang berjumlah 133 orang, sedangkan sampel penelitian adalah sebanyak 70 orang (52% dari jumlah keseluruhan siswa) dan instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket pengumpulan data yang berlangsung selama 36 hari. Mulai tanggal 10 April samapai dengan 15 Mei 2008. Tehnik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi kerajinan membaca buku dengan penguasaan materi pelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Al- Ina’am desa Banjar Timur Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep, dengan interpretasi cuckup. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa nilai r kerja 0.246 lebih besar dari nilai r tabel product moment di mana pada N=70 dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,306 dan dalam tabel interpretasi nilai r kerja, nilai r kerja 0.651 berada pada rentangan angka antara 0.600 sampai dengan 0.800 dan ada dalam kategori cukup.
Berdasarkan hasil penelitian di atas hendaknya kerajinan membaca buku terus ditingkatkan dan diupayakan secara kontinu oleh guru juga orang tua selaku guru dirumah, sehingga tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan di sekolah dapat tercapai dengan baik
Tidak tersedia versi lain