Text
Pengaruh Tingkat Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Pelajaran Siwa Di SMA Wachid Hasyim Pamekasan, Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Akhmad Helwani, 2008, Pengaruh Tingkat Kecerdasan Intelektual Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Pelajaran Siwa Di SMA Wachid Hasyim Pamekasan, Skripsi, Program studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Buna’i, S. Ag, M. Pd.
Kata Kunci: Kecerdasan Intelektual dan Pemahamnan Materi Pelajaran siswa
Dalam penelitian ini yang menjadi kajian utama yaitu: pertama: adakah pengaruh tingkat kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman materi pelajaran siswa di SMA Wachid Hasyim Pamekasan? Kedua, seberapa besar pengaruhtingkat kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman materi pelajaran siswa di SMA Wachid Hasyim Pamekasan?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasinya adalah siswa SMA Wachid Hasyim Pamekasan pada Tahun Pelajarn 2007/2008 sebanyak 142 siwa dengan sampel 20% dari populasi yang ada 28 siswa. Hal ini menggunakan tehnik stratified proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, Observasi,Interview, dokumentasi. tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh tingkat kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman meteri pelajaran siswa di SMA Wachid Hasyim Pamekasan dapat diketahui dari hasil “r” hitung yang nilainya lebih tinggi dari harga kritik “r” product moment, baik pada taraf signifikansi 95% maupun pada taraf signifikansi 99%. Hasil “r” hitung adalah 0, 866, sedangkan harga kritik “r” product moment dengan N sebanyak 28 responden pada taraf signifikansi 95% = 0,374, sedangkan pada taraf signifikansi 99% = 0, 478. sedangkan korelasi tingkat kecerdasan intelektual terhadap tingkat pemahaman materi pelajran siswa di SMA Wachid Hasyim Pamekasan adalah tinggi. hal ini diketahui bahwa hasil “r” hitung adalah 0,866 bila dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai “r”, maka nilai berada antara 0,800 sampai dengan 1,000 dengan interpretasi tinggi.
Tidak tersedia versi lain