Text
Kreativitas Guru Bidang Studi Sebagai Upaya Pencapaian Standar Kelulusan UAN (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang), Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
S. Farida, 2008, Kreativitas Guru Bidang Studi Sebagai Upaya Pencapaian Standar Kelulusan UAN (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang), Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Drs. Musleh Habibullah.
Kata Kunci: Kreativitas Guru Bidang Studi, Pencapaian Standar Kelulusan UAN
Ada tiga permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang fungsi kreativitas guru bidang studi sebagai upaya pencapaian standar kelulusan UAN di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang, faktor penghambat kreativitas guru bidang studi sebagai upaya pencapaian standar kelulusan UAN di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang, upaya guru bidang studi dalam menghadapi pencapaian standar kelulusan UAN di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif pada dasarnya memberikan presure pada keaktifan peneliti di lapangan untuk mendapatkan data yang obyektif dan akurat, sehingga kehadiran peneliti dalam penelitian ini mutlak diperlukan. Untuk memperoleh data yang obyektif dan akurat serta informasi yang dibutuhkan, maka peneliti harus terlibat langsung dalam proses penelitian agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai peneliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, analisis data dan dokumentasi.
Teknik analisis data merupakan salah satu tahapan dalam sebuah penelitian ini, yang dilakukan setelah seperangkat data dari fakta dan informasi yang diperoleh melalui tahap pengumpulan data. Adapun data yang dianalisis adalah data yang terhimpun dalam catatan atau transkrip wawancara, catatan lapangan dan dokumen.
Tahap selanjutnya adalah mendeskripsikan data sesuai kategori dan tema dari fokus penelitian ini, sehingga pembaca dapat memahami tema dan temuan yang diperoleh dalam penelitian yang penulis lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas guru bidang studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang mempunyai fungsi yang sangat urgen karena guru adalah salah satu alat untuk memajukan anak didik terutama dengan perkembangan zaman guru harus meningkatkan kreativitas di lembaga tersebut sehingga kreativitas guru berfungsi sebagai daya tarik atau minat siswa dalam belajar. Guru bidang studi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Gunung Maddah Sampang memberikan banyak latihan, mengadakan les tambahan dan memaksimalkan fungsi buku pegangan, sehingga diharapkan anak didik mendapatkan nilai maksimal dalam pencapaian standar kelulusan UAN.
Tidak tersedia versi lain