Text
Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini di PAUD Dewi Sartika II Pandian Sumenep. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Ainur Rahimah 2008, Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini di PAUD Dewi Sartika II Pandian Sumenep. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dra. Hj. Waqiatul Masrurah, M.Si.
Kata Kunci : Pengembangan Kecerdasan, Usia Dini
Ada empat permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama, tentang upaya dalam pengembangan kecerdasan anak yang dilaksanakan PAUD Dewi Sartika II Pandian Sumenep, Kedua, sistem pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan kecerdasan anak, Ketiga, respon orang tua anak terhadap hasil pengembangan kecerdasan yang dilakukan PAUD Dewi Sartika II Pandian Sumenep, Keempat, kendala yang di hadapi PAUD Dewi Sartika II Pandian Sumenep dalam melaksanakan pengembangan kecerdasan anak.
Subyek penelitian ini adalah lembaga pengelola, guru dan orang tua anak di PAUD Dewi Sartika II tahun ajaran 2007/2008. sedangkan instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Pengumpulan data berlangsung selama satu bulan mulai 28 April sampai 29 Mei tahun 2008. tekhnik yang digunakan untuk menganalisis hasil temuan adalah analisis komponensial dengan mediskripsikan temuan-temuan yang diperoleh.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya yang dilakukan PAUD Dewi Sartika II dalam pengembangan kecerdasan anak dengan merancang kurikulum berdasarkan perkembangan anak yaitu perkembangan fisik perkembangan kognitif, perkembangan moral dan sosial, perkembangan emosional dan perkembangan komunukasi.sistem yang digunakan dalam penyampaian materinya melalui empat centra yaitu centra persiapan, centra bahan alam, centra seni dan centra ibadah. Respon orang tua sangat positif terhadap berdirinya PAUD Dewi Sartika II sekaligus hasil pengembangan kecerdasan yang dilakukan. Sedangkan kendala terjadi pada saran prasana kurang mendukung kurangnya perhatian orang tua dalam upaya pengembangan kecerdasan dirumah dan keterbawaan anak sejak lahir membutuhkan perhatian berbeda dari anak yang lain.
Berdasakan hasil penelitian di atas, maka upaya pengembangan kecerdasan anak terus dikembangkan, keterampilan serta kompotensi guru ditingkatkan dan meminimalisir kendala melalui kerja sama yang baik dengan pihak terkait, demi berhasilnya proses pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain