Text
Pengaruh Pendidikan Terhadap Perkembangan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadiin Montorna Pasongsongan Sumenep. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, jurusan Tarbiyah, Sekalah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Fathor Rasyid, 2008, Pengaruh Pendidikan Terhadap Perkembangan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadiin Montorna Pasongsongan Sumenep. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, jurusan Tarbiyah, Sekalah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing: Prof. Drs. H. Sunardji Dahri Tiam, M. Pd.
Kata Kunci:Pendidikan dan Perkembangan Siswa
Permasalahan yang menjadi kajian dalam penelitian ini ada dua macam , pertama: Adakah Pengaruh Pendidikan Terhadap Perkembangan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtabiin Montorna Pasongsongan Sumenep? dan kedua: Seberapa besar Pengaruh Pendidikan Terhadap Perkembangan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtabiin Mortorna Pasongsongan Sumenep?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Adapum poplasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtabiin Motorna Pasongsongam Sumenep, kelas I-VI yang berjumlah 127 siswa. Karena jumlahnya cukup besar maka diambil sampel, sedangkan sampel yang digunakan adalah purposif samplig ( sampel bertujuan ) artinya subjek yagn akan diteliti adalah siswa kelas IV,V dan VI yaitu sebanyak 52 siswa.sedangkan mitodeh pengumpulan datanya menggunakan pedoman angket sebagai metodeh primer. Sedangkan observasi, interview, dan dokumentasi hanya sebagai tehnik pendukung atau penunjang saja.tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik statistik product moment.
Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa ada Pengaruh Pendidikan Terhadap Perkembangan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadiin Montorna Pasongsongan Sumenep, dengan interpretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil statistik yang menunjukkan bahwa nilai “r” kerja 0,553 lebih besar dari nilai “r” tabel product moment. Dimana pada N=52 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,297, dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,361 dan dalam tabel interpretasi nilai “r” product moment nilai “r” keja 0,553 berada diantara angka 0,40-0,70,dengan interpretasi cukup.
Dari hasil penelitian diatas maka Pengaruh Pendidikan Terhadap Perkembangan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Mubtadiin Desa Montorna Kecamatan Pasongsongan Kabupaten sumenep dapat dijadikan bahan pertimbangan khususnya bagi masyarakat unutk menyekolahkan putra-putrinya, dan hal itu akan lebih baik apabila mendapatkan dukungan penuh dari oramg tua siswa dan masyarakat sekitarnya.
Tidak tersedia versi lain