Text
Pengaruh Masa Pubertas Terhadap Psikis siswa Dalam Proses Belajar mengajar Di SMA Al-Falah Kadur Pamekasan, kripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Moh. Zuhir, 2008, Pengaruh Masa Pubertas Terhadap Psikis siswa Dalam Proses Belajar mengajar Di SMA Al-Falah Kadur Pamekasan, kripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing: Abbadi ishomodin, MA.
Kata Kunci: Masa Pubertas, Psikis Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar .
Masa puber merupakan masa perubahan anak manusia dari masa anak-anak menuju remaja, masa ini juga di sebut sebagai maa bangkitnya kepribadian ketika minat dari anak tersebut lebih ditujukan kepada perkembangan pribadi. Masa pubertas merupakan masa yang labil bagi setiap anak manusia, dimana pada masa ini mengalami kebingungan dan terdapat unsur kekanakan-kanakan, sewring menghayati kelemahan dan ketidak mantapan diri, namun sekaligus ia merasa menemukan suatu kekuatan yang baru dalam dirinya ia merasa menemukan kepercayaan dan keberanian serta tanggung jawab yang baru dengan keadaannya pada masa itu. Pengaruh pubertas terhadap psikis belajar siswa dapat dilihat dari sikap dan tingkah laku selama dalam jenjang pendidikan. Dengan keadaan yang ada dalam jiwa (psikis) siswa itu bisa membawa anak pada hal-hal yang positifataupun negatif.
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, Pertama, tentang adkah pengaruh pubertas terhadap psikis siswa dalam proses belajar mengajar di SMA Al-Falah Kadur Pamekasan, Kedua, seberapa pengaruh pubertas terhadap psikis siswa dalam proses belajar mengajar di SMA Al- Falah Kadur Pamekasan.
Populasi penelitian adalah siswa SMA AL-Falah Kadur pamekasan, Pamekasan sebanyak 128. jumlah sampai yang diteliti adalah 25% dari populasi yang ada (32 siswa) ngan menggunakan tekhnik stratified proposional random sampling. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket sebagai instrumen utama sedangkan observasi, interview dan dokumentasi adalah instrument sekunder (perlengkapan). Pengumpulan data yang berlangsung selama _+ 48 hari, mulai dari 28 april sampai dengan 14 juni 2008. tekhnik analisis data yang digunakan adalah statistik dengan tekhnik produc moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak pengaruhmasa pubertas terhadap psikis siswa dalam proses belajar di SMA Al-Flah Kadur Pamekasan dengan interpretasi rendah. Hal ini terbukti dari analisis statistik yang menunjukkan “r” kerja “r” kerja 0, 208 dengan respondon N=32 lebih kecil dari nilai “r” tabel produc moment, baik dalam interval kepercayaan 95% maupun 99% dimana pada N=32 menunjukkan nilai sebesar 0, 344 dan 0, 442. demilian juga karena nilai “r” berada pada rentangan angka antara 0, 200 sampai dengan 0, 400 dengan intepretasi rendah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa masa pubertas tidak berpengaruh terhadap psikis siswa dalam proses belajar mengajar. Namun hal itu memerlukan bimbingan dan pengawasan dari elment pendidikan seperti guru dan orang tua.
Tidak tersedia versi lain