Text
Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar Siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur pamekasan. Skripsi Jurusan tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Hidayatullah, 2008, Pengaruh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Peningkatan Keberhasilan Kegiatan Belajar Mengajar Siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur pamekasan. Skripsi Jurusan tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri PamekasanPembimbing, Dra Hj. Waqiatul Masrurah, M. si.
Kata Kunci: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Kegiatan Belajar Mengajar Siswa
Ada dua permasalahan yang menjadi kajian pokok dalam penelitian ini, pertama tentang ada tidaknya pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap peningkatan keberhasilan kegiatan belajar mengajar siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Pamekasan. Kedua seberapa besar pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap peningkatan keberhasilan kegiatan belajar mengajar siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur Kabupaten pamekasan.
Populasi penelitian adalah siswa MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur tahun pelajaran 2007-2008 sebanyak 261. Jumlah sampel 15% dari populasi yang ada (40 siswa), ditentukan dengan menggunakan tehnik stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket.Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik dengan tehnik product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap kegiatan belajar mengajar siswa di MA Al-Falah Sumber Gayam Kadur kabupaten pamekasan, dan pngaruhnya cukup signifikan. Hal ini terbukti dari analisis statistik bahwa “r” kerja (0,349) lebih besar dari harga kritik product moment, baik pada taraf signifikan 95% (0,312) maupun pada taraf signifikan 99% (0, 403) dan “r” kerja ketika dikonsultasikan dengan tabel interpretasi product moment berada pada interval 0,200 samapai dengan 0,400 dengan nilai interpretasi rendah.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka rencana pelaksanaan pembelajaran yang sudah disusun perlu semakin ditingkatkan , agar keberhasilan kegiatan belajar mengajar siswa semakin meningkat. Upaya tersebut bisa dilakukan dengan cara:menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran pembinaan tehadap guru-guru baik yang bersifat formal maupun non formal. Melengkapi sarana dan prasarana agar nantinya dalam kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar.
Tidak tersedia versi lain