Text
Pengembangan Kurikulum SMA Nurul Jadid 2008 Desa Batang- batang Daya Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam
ABSTRAK
Masyhuri 2008: Pengembangan Kurikulum SMA Nurul Jadid 2008 Desa
Batang- batang Daya Kecamatan Batang-batang Kabupaten Sumenep Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Atiqullah, S Ag.,M. Pd.
Kata kunci: pengembangan kurikulum, kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Pengembangan adalah suatu upaya yang dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan melalui langkah-langkah dan pemikiran untuk memperoleh sebuah pedoman pelaksanan kegiatan pembelajaran
Fokus penelitian yang diajukan dalam penelitian ini dalah sebagai berikut: Pertama, pola pengembangan kurikulum di SMA Nurul Jadid, kedua, kemampuan Guru memanfaatkan media pembelajaran dalam KTSP di SMA Nurul Jadid.Ketiga: Ketersedian sarana pembelajaran dalam mendukung pelaksanaan KTSP di SMA Nurul Jadid.
Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di SMK Nurul Jadid. Prosedur pengumpulan datanya melalui wawancara ,observasi dan dokumentasi yang dilakukan mulai tanggal 10 April sampai 20 Mei 2008. analisa data yang digunakan adalh analisis data nonstatistik yang terhimpun dari transkip wawancara, observasi, serta dari beberapa dokumen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum yang digunakan di SMA Nurul Jadid masih mengadopsi dari kurikulum yang dikeluarkan oleh BNSP. Sarana/prasarana yang dimiliki belum cukup dan ini akan berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hal ini terbukti dari analisa hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diatas, maka kurikulum tingkat satuan pendididkan yang baru diberlakukan ini tidak akan berdampak positif bila sarana/prasarana belum terpenuhi serta tanpa ditunjang oleh profesionalitas guru dan tenaga kependidikan yang mumpuni.
Tidak tersedia versi lain