Text
Media Pembelajaran APE (Alat Permainan Edukatif) dalam menstimulasi kecerdasan anak usia dini di Play Group As-Sa’adah Kolpajung Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI, STAIN Pamekasan
ABSTRAK
Indah Amilia Imami, 2008, Media Pembelajaran APE (Alat Permainan Edukatif) dalam menstimulasi kecerdasan anak usia dini di Play Group As-Sa’adah Kolpajung Pamekasan, Skripsi, Fakultas Tarbiyah Jurusan PAI, STAIN Pamekasan, Pembimbing Drs, Abd. Mukhid, M. Pd.
Kata kunci : Media Pembelajaran APE (Alat Permainan Edukatif) mentimulasi kecerdasan anak usia dini
Pada hakekatnya anak merupakan anugrah yang harus kita syukuri keberadaannya. Cara kita mensyukuri keberadaan anak tersebut kita harus menjaga, melindungi dan membentuk menjadi insan yang bertakwa kepada Allah SWT. Anak meruypakan aset terbesar bangsa karena dalam diri anak itu sendiri terdapat cita-cita, potensi dan bakat yang harus kita pelihara serta kita gali. Dalam membentuk pribadi anak hendaklah mereka di didik sedini mungkin baik dimulai dalam keluarga hingga di sekolah. Pada dasarnya pendidilan sangat besar manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan keluarga, masyarakat dan bernegara pada umumnya dan agama pada khususnya.
Peran media pembelajaran APE tersebut sangat penting sekali dalam menstimulasi kecerdasan anak usia dini suatu bahan yang guru sampaikan, media dapat memunculkan permasalahan untuk dikaji lebih lanjut dan dipecahkan oleh para siswa dalam proses pembelajaran paling tidak guru dapat memperoleh media sebagai sumber pertanyaan atau stimulasi belajar siswa, media sebagai sumber belajar siswa. Adapun bentu-bentuk media pembelajaran yang digunakan guru di sekolah dalam rangka dalam menstimulasi kecerdasan anak usia dini yaitu bermain, cerita, dan menyanyi. Respon siswa terhapdap media pembelajaran tersebut cukup baik karena adnya faktor-faktor tertentu.
Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data-data yang lengkap dan jelas, peneliti melakukan penelitian selama satu bulan yaitu mulai tanggal 10 Mei-30 Juni 2008. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan digunakan beberapa metode antara lain: metode observasi yaitu mengamati langsung terhadap objek yang diteli, metode wwancara dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan langsung pada responden dan metode dokumen dengan mengumpulkan informasi atau data melalui pengujian arsip dan dokumen.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka peran media pembelajaran sangatlah penting dan berguna bagi anak usia dini dalam belajarnya sedangkan bentuk-bentuk media yang digunakan yaitu bermain, cerita dan bernyanyi.Respon siswa cukup baikterhadap media tersebut.
Tidak tersedia versi lain