Text
Pengaruh Alokasi Waktu Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran Beragama Siswa SEkolah Dasar Negeri Batang-Batang Daya II kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prigram Studi Prndidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negari Pamekasan
ABSTRAK
Sumitiya, 2003, Pengaruh Alokasi Waktu Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran Beragama Siswa SEkolah Dasar Negeri Batang-Batang Daya II kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Prigram Studi Prndidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negari Pamekasan, Pembimbing I: Dra. Waqiatul Masruroh, M.Si., Pembimbing II: Syaiful Arif.
Kata Kunci: Alokasi Waktu pendidikan agama Islam dan kesadaran beragama siswa
Permasalahan yang menjadi focus kajian dalam penelitian ini ada dua macam, pertama tentang ada tidaknya pengaruh alokasi waktu pendidikan agama Islam terhadap kesadaran beragama siswa Sekolah Dasar Negeri Batang-Batang Daya II Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep, dan kedua adalah tentang seberapa besar pengaruh alokasi waktu pendidikan agama Islam terhadap kesadaran beragama siswa. Sekolah Dasar Negri Batang-Batang Daya II Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Batang-batang Daya II kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep sebanyak 232 orang, sedang sampel penelitian adalah siswa kelas IV, V, dan VI sebanyak 93 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Pengumpulan data berlangsung mulai dari tanggal 20 Desember 2002 sampai dengan tanggal 8 Pebruari 2003. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh alokasi waktu pendidikan agama Islam terhadap kesadaran beragama siswa Sekolah Dasar Negeri Batang-Batang Daya II Kecamatan Batang-Batang Kabupaten Sumenep, dengan interpretasi cukup. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistic yang menunjukkan bahwa nilai r kerja = 0,765 lebih besar dari nilai r tabel product moment, di mana pada N = 95 (karena lebih dekat pada N = 93) dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai = 0,202 dan dalam interval kepercayaan 99% diperolej nilai = 0,263, dan dalam tabel interpretasi nilai r, nilai r kerja = 0,765 barada pada rentangan angka antara 0,600 sampai dengan 0,800.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, hendaknya alokasi waktu pendidikan agama Islam semakin dioptimalkan pemanfaatannya, sehingga tertanam kesadaran yang tinggi bagi suswa dalam melaksaanakan ajaran Islam.
Tidak tersedia versi lain