Text
Pengaruh Kepemimpinan Paternalistik Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Pordapor I Desa Pordapor Guluk-Guluk Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan
ABSTRAK
Djanto, 2003, Pengaruh Kepemimpinan Paternalistik Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Pordapor I Desa Pordapor Guluk-Guluk Sumenep. Skripsi, Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam,Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan, Pembimbing I : Drs. Waqiatul Masruroh, M.Si., Pembimbing II: Drs. Syaiful Arif.
Kata kunci: Kepemimpinan paternalistik guru dan aktivitas belajar siswa
Permasalahan yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini ada dua macam, pertama tentangada tidaknya pengaruh kepemimpinan paternalistik guru terhadap aktivitas belajar sisdwa Sekolah Dasar Negeri Pordapor I Desa Pordapor Guluk-Guluk Sumenep, dan kedua adalah tentang besarnya pengaruh kepemimpinan paternalistik guru terhadap aktivitas belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Pordapor I Desa Pordapor Guluk-Guluk Sumenep.
Populasi penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri Pordapor I Desa Pordapor Guluk-Guluk Sumenep sebanyak 227 orang, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas IV, V, VI sebanyak 37 orang. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Pengumpulan data berlangsung selama 25 hari, mulai dari tanggal 30 Desember 2002 sampai dengan tanggal 19 Pebruari 2003. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh kepemimpinan paternalistik guru terhadap aktivitas belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Pordapor I Desa Pordapor Guluk-Guluk Sumenep, dengan interpretasi tinggi. Hal ini terbukti dari hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa nilai r kerja 0,852 lebih besar dari nilai r tabel product moment, dimana pada N = 37 dalam interval kepercayaan 95% diperoleh nilai 0,325 dan dalam interval kepercayaan 99% diperoleh nilai 0,418. Dan dalam tabel interpretasi nilai r, nilai r kerja 0,852 berada pada rentangan angka antara 0,800 sampai dengan 1,000.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, hendaknya kepemimpinan paternalistik guru terus diaplikasikan secara baik kepada anak didik, sehingga tertanam aktivitas belajar yang tinggi pada anak didik.
Tidak tersedia versi lain